Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TINJAUAN ATAS PROSEDUR PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT PANDEGLANG

NOVANA, DADY NANDA (2015) TINJAUAN ATAS PROSEDUR PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT PANDEGLANG. D3 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
TINJAUAN ATAS PROSEDUR PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Pandeglang merupakan kota di Provinsi Banten yang tingkat penggunaan kendaraan bermotornya tinggi dan tingkat mobilitas penduduknya tinggi. Pemerintah Kabupaten Pandeglang sadar akan karakteristik masyarakat dan kondisi daerah Pandeglang yang sangat berpotensi dalam penerimaan pajak, khususnya pajak kendaraan bermotor dan prosedur perhitungan pajak merupakan salah satu aspek pengelolaan pendapatan yang sangat mendukung bagi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan daerah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prosedur dan hambatan apa saja yang timbul dalam pelaksanaan pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada Kantor Bersama Samsat Pandeglang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, jenis data yang digunakan yaitu data primerdan data sekunder. Sedangkan metode yang digunakan terdiri dari dokumentasi, interview (wawancara), dan observasi (pengamatan). Hasil analisis dari penelitian diperoleh bahwa prosedur pelaksanaan pemungutan pajak kendaraan bermotor belum sepenuhnya berjalan dengan baik, karena lambatnya sosialisasi mengenai sistem online yang sudah diterapkan untuk membayar pajak kendaraan bermotor terlihat dari masih banyaknya pembayaran yang dilakukan secara manual.

Item Type: Thesis (D3)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBadina, Tenny198002182003122001
Thesis advisorIndriana, IIna197406082005012002
Uncontrolled Keywords: Prosedur Pelaksanaan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61403-Program Diploma III Perpajakan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Apr 2022 05:52
Last Modified: 19 Apr 2022 05:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item View Item