Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH WAKTUMILLINGDAN TEMPERATURSINTERINGDALAM PEMBUATANPADUAN BINERMg-7Ca SEBAGAIBAHAN BAKUIMPLANMAMPU LURUH

KUSUMA, ACHMAD SUHARDI (2015) PENGARUH WAKTUMILLINGDAN TEMPERATURSINTERINGDALAM PEMBUATANPADUAN BINERMg-7Ca SEBAGAIBAHAN BAKUIMPLANMAMPU LURUH. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
SKRIPSI PADUAN BINER Mg-7Ca.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keterbatasan pada biomaterial logam saat ini adalah terjadinya pelarutan ionracun dalam logam melalui korosi atau proses degradasi yang menyebabkan tidakdapat meregenerasi jaringan. Dewasa ini biomaterial terus mengalamiperkembangan, dimulai dengan biomaterial yang tidak dapat larut dalam tubuhhingga biomaterial yang mampu luruh dalam tubuh(biodegradable). Implanmampu luruh memiliki struktur berpori yang dapat digunakan sebagai pembawaobat dan melepaskannya selama masa penyembuhan dan dapat mengalami prosespeluruhan sehingga tidak perlu dilakukan operasi revisi. Penelitian inimenggunakan paduan material Mg-Ca yang dilakukan proses milling denganmetode high energy milling dilanjutkan dengan proses kompaksi dan sinteringuntuk menghasilkan bahan baku implan mampu luruh. Pemilihan magnesiumsebagai unsur utama dalam pengembangkan paduan magnesium kalsium bineradalah karena magnesium memiliki kepadatan yang hampir menyerupai tulangalami. Hasil percobaan menunjukkan bahwa pada prosesmillingdengan metodehigh energy millingdan proses sinteringdapat meningkatkan kekerasan.Lajukorosi terbesar diperoleh pada paduan Mg-7Ca dengan temperatursintering450ºCdengan waktu 5 jam yaitu 1,962 mpy.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAlfirano, Alfirano197406292003121001
Thesis advisorKartika, Ika197201251998032001
Uncontrolled Keywords: Biomaterial, Implan Mampu Luruh (Biodegradable), High EnergyMilling,Sintering,kekerasan, Laju Korosi
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 27201-Jurusan Teknik Metalurgi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2022 23:23
Last Modified: 18 Apr 2022 23:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item