NIMATULLAH, NIMATULLAH (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI MA AL- KHAIRIYAH PONTANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA K.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan disain penelitian pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA AL-Khairiyah Pontang semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA II sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes uraian, angket dan lembar observasi. Tes uraian digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa, angket digunakan untuk mengukur respon siswa terhadap model reciprocal teaching dan lembar observasi digunakan untuk melihat keterlaksanaan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t, penggunaan model reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. Kata kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Kognitif Siswa
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, Kemampuan Kognitif Siswa | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2022 21:55 | |||||||||
Last Modified: | 18 Apr 2022 21:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13325 |
Actions (login required)
View Item |