Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DENGAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMA

FRASTICHA, FRASTICHA (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DENGAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) DENG.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemecahan masalah pada pembelajaran matematika yang terdapat pada kurikulum matematika di setiap satuan pendidikan. Pemecahan masalah merupakan kegiatan matematika yang sulit baik dalam mempelajari maupun mengajarkannya, sehingga diperlukan adanya suatu model pembelajaran yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran ARIAS dengan strategi active learning tipe ICM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model pembelajaran ARIAS dengan strategi active learning tipe ICM berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMA; (2) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan strategi active learning tipe ICM. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 dengan jumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen di SMAN 19 Kabupaten Tangerang pada tahun ajaran 2015-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah desain kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group serta Cluster Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS Statistics Version 22. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran ARIAS dengan strategi active learning tipe ICM berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMA dan memberikan pengaruh yang positif. (2) sikap siswa positif terhadap model pembelajaran ARIAS dengan strategi active learning tipe ICM. Kata Kunci : Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS), Index Card Match (ICM), Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, Maman198209252006041001
Thesis advisorJaenudin, Jaenudin197901072009121003
Uncontrolled Keywords: Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction (ARIAS), Index Card Match (ICM), Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2022 20:52
Last Modified: 18 Apr 2022 20:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item