INA SUHERLINA, INA (2015) PENGARUH METODE TEMATIK DAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NURUL MUHTADIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH METODE TEMATIK DAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Puisi sebagai salah satu jenis sastra yang paling inti karena puisi mempunyai sifat, struktur, dan konvensi–konvensi tersendiri pembelajaran puisi dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan sisiwa mengapreisasi karya sastra. Kegiatan mengapresiasi sastra berkaitan erat dengan latihan mempertajam perasaan khayalan dan kepekaan terhadap masyarakat, budaya dan lingkungan hidup. Kenyataannya siswa kurang mengetahui cara belajar menulis puisi secara tepat dan gurupun kurang bervariasi dalam menggunakan metode mengajar, pemelajaran menulis puisinya masih menggunakan pemelajaran berfokus kepada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang karangan puisi siswa dengan menggunakan metode tematik di kelas VIII SMP Nurul Muhtadin. Memperoleh gambaran tentang karangan menulis puisi siswa dengan menggunakan metode kontekstual di kelas VIII SMP Nurul Muhtadin dan menemukan perbedaan yang signifikan antara hasil oembelajaran menulis puisi yang menggunakan metode tematik dan kontekstual di kelas VIII SMP Nurul Muhtadin. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriftif kuantitatif, untuk mengetahui gambaran hasil pembelajaran siswa dalam menulis puisi yang menngunakan metode tematik dan kontekstual serta mengetahui perbedaan yang signifikan antara pengguna metode tematik dan kontekstual. Pada data statistik hasil penelitian menunjukkan bahwa , penggunaan metode Tematik di kelas eksperimen lebih baik digunakan dibandingkan metode kontekstual di kelas kontrol. Hal ini terlihat dari perolehan penganalisisan data rata-rata kelas eksperimen tes kemampuan awal 50,75 41,50, kemampuan akhir eksperimen 66,50 56,50. Sedangkan pada perhitungan nilai t thitung 2,68 ttabel 2,40. dan thitung 2,67 ttabel 2,40. Dengan kata lain tes kemampuan awal dan akhir terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis Puisi. Hal ini berarti dinyatakan hipotesis diterima. Kata Kunci: metode tematik, kontekstual, Pembelajaran, Menulis Puisi
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | metode tematik, kontekstual, Pembelajaran, Menulis Puisi | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2022 15:45 | |||||||||
Last Modified: | 18 Apr 2022 15:45 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13302 |
Actions (login required)
View Item |