Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE TEMATIK DAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NURUL MUHTADIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

INA SUHERLINA, INA (2015) PENGARUH METODE TEMATIK DAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NURUL MUHTADIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH METODE TEMATIK DAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Puisi sebagai salah satu jenis sastra yang paling inti karena puisi mempunyai sifat, struktur, dan konvensi–konvensi tersendiri pembelajaran puisi dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan sisiwa mengapreisasi karya sastra. Kegiatan mengapresiasi sastra berkaitan erat dengan latihan mempertajam perasaan khayalan dan kepekaan terhadap masyarakat, budaya dan lingkungan hidup. Kenyataannya siswa kurang mengetahui cara belajar menulis puisi secara tepat dan gurupun kurang bervariasi dalam menggunakan metode mengajar, pemelajaran menulis puisinya masih menggunakan pemelajaran berfokus kepada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang karangan puisi siswa dengan menggunakan metode tematik di kelas VIII SMP Nurul Muhtadin. Memperoleh gambaran tentang karangan menulis puisi siswa dengan menggunakan metode kontekstual di kelas VIII SMP Nurul Muhtadin dan menemukan perbedaan yang signifikan antara hasil oembelajaran menulis puisi yang menggunakan metode tematik dan kontekstual di kelas VIII SMP Nurul Muhtadin. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriftif kuantitatif, untuk mengetahui gambaran hasil pembelajaran siswa dalam menulis puisi yang menngunakan metode tematik dan kontekstual serta mengetahui perbedaan yang signifikan antara pengguna metode tematik dan kontekstual. Pada data statistik hasil penelitian menunjukkan bahwa , penggunaan metode Tematik di kelas eksperimen lebih baik digunakan dibandingkan metode kontekstual di kelas kontrol. Hal ini terlihat dari perolehan penganalisisan data rata-rata kelas eksperimen tes kemampuan awal 50,75 41,50, kemampuan akhir eksperimen 66,50 56,50. Sedangkan pada perhitungan nilai t thitung 2,68 ttabel 2,40. dan thitung 2,67 ttabel 2,40. Dengan kata lain tes kemampuan awal dan akhir terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis Puisi. Hal ini berarti dinyatakan hipotesis diterima. Kata Kunci: metode tematik, kontekstual, Pembelajaran, Menulis Puisi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorTisnasari, Sundawati198511112010122004
Uncontrolled Keywords: metode tematik, kontekstual, Pembelajaran, Menulis Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2022 15:45
Last Modified: 18 Apr 2022 15:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13302

Actions (login required)

View Item View Item