Anggita, Putri Chintia and Setyorini, Deviani and Restu, Uliviana (2010) EFEKTIVITAS MEDIA WEBSITE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Korelasi Penggunaan Kolom Keluhan Pelanggan dalam Website Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Skripsi KOM)
SKRIPSI PUTRI CHINTIA ANGGITA. FP.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Putri Chintia Anggita. NIM. 062517. Skripsi. Efektivitas Media Website Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Korelasional Penggunaan Kolom Keluhan Pelanggan Pada Website PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara). Saat ini perkembangan teknologi semakin dinamis dan inovatif, sehingga kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun komunikasi sangat tinggi. Kebutuhan informasi yang lebih cepat dan mudah tentunya menuntut para pemberi informasi atau perusahaan untuk memiliki sebuah media. Hal ini dimaksudkan untuk membuktikan bahwa istilah efektivitas serta efisiensi betul-betul dijalankan oleh perusahaan tersebut dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya bukan hanya dijadikan semboyan-semboyan semata. Bersamaan dengan itu maka kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur dari keberhasilan suatu perusahaan menjalankan visi dan misinya, mengingat bahwa memang pelangganlah yang melakukan penilaian kinerja suatu perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak pada bidang jasa. PT.PLN (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa kelistrikan dengan ribuan pelanggan yang tersebar diberbagai daerah. Oleh karena itu pengadaan website sebagai media komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan dijadikan sebagai salah satu upaya PT.PLN (Persero) dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang nantinya akan berujung menjadi kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui efektivitas media website terhadap kepuasan pelanggan PT.PLN (Persero) APJ Banten Utara, dengan indikator kepuasan pelanggan yaitu harapan, persepsi, dan pelayanan yang diterima. Model komunikasi Two Way Symmetrical merupakan titik tolak dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan ialah korelasi dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi sebanyak 35 orang yang menghasilakan besaran sampel sebanyak 35 orang pula karena pengambilan sampel menggunakan tekhnik sampel jenuh (sensus). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapat hasil yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media website terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0.019. Pengaruh tersebut dapat dikatakan rendah sekali. Jadi nilai determinasi media website terhadap kepuasan pelanggan hanya sebesar 0.0361%, sisanya sebesar 99.96% diberikan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Sehingga hipotesis terbukti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh antara efektivitas media website terhadap kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | ABSTRACT: Putri Chintia Anggita. NIM. 062517. Paper. The Effectiveness Website Forwards the Satisfaction of Customer (Corelation Study Using of Complaint Journal Customer at Website of PT. PLN (Persero) APJ North Banten) The development of technology nowdays becoming more dynamic and inovatif, so that the necessary of technology on information or even in communication is higher. The necessary of informations which is faster an easier of course pursue the informan or company to have a media. This means to proof that the term of effectiveness and efficiency seriously use to its company in giving the service to the customer not only just become a motto. The satisfaction of the customer is measurement for the successful company which is runs its view and purposes, reminds, us that customer will give evaluation to the work of company, especially to company which is runs business in service. PT. PLN (Persero) is company which runs business in service of electricity with thousands customer that is spread in many area. In that case the existence of website as a means of communication between company with customer is created as one effort of PLN in fulfill the necessity of customer and the aim will be reach on making the customer satisfied. The aim of this research is to know the effectiveness of website as the media for the satisfactions of customer in PT. PLN (Persero) APJ North Banten. With the indicator of the satisfaction of customer are hope, perception, and the service is accepted. The two way symmetrical communication is used in this research. The research method that is used is correlation with the kuantitatif, with population of 35 person that produce a sun of sample 35 person as well because of the taking of sample use sensus technic. The technic of collecting data that is used in this research is spread the inqualry, interview and documentation. According to the research result, can be got the result that has shown there is influence between the using of website as the media towards the satisfaction of the customer 0,019, that influence is very low. So determination value of website as the media toward the satisfaction of customer just 0.0361%. the rest is 99.96% is given by another external factor from this research. The hipotesist proved that Ho reject Ha accepted, there is influence between effectiveness of website towards the satisfaction of customer. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 14 Jan 2013 04:27 |
Last Modified: | 15 May 2013 03:14 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/133 |
Actions (login required)
View Item |