Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Cilegon)

BERTA, CAHAYA (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPU.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Sehingga perlu dilakukan suatu perlakuan yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) Untuk mengetahui sikap siswa setelah mengikuti Model Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan instrument tes dan nontes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Cilegon. Sampel yang diambil secara acak dan didapat kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Digunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 untuk menjawab hipotesis dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan Model pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan Model pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. 2) Respon siswa yang kuat terhadap pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrahman, Maman198209252006041001
Thesis advisorIskandar, Khairida197512062005012001
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Multiple Intelligence, Model Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligence, pemecahan masalah matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:51
Last Modified: 08 Sep 2022 09:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13293

Actions (login required)

View Item View Item