Widiatma, Amalia (2015) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII SMPN 2 KARANGTANJUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII SMPN 2 KARANGTA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh kenyataan masih lemahnya kemampuan siswa dalam menulis khususnya menulis narasi. Masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mencari dan menuangkan idenya ke dalam bentuk tulisan. Adapun rumusan masalahnya yaitu 1) Apakah terdapat perbedaan hasil pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan tidak menggunakan pendekatan kontekstual di kelas VII SMP Negeri 2 Karangtanjung? 2) Apakah terdapat pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan menulis narasi siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Karangtanjung? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keterampilan menulis narasi siswa sesudah menggunakan pendekatan kontekstual di kelas VII SMP Negeri 2 Karangtanjung tahun pembelajaran 2012/2013. 2) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap kemampuan menulis narasi di kelas VII SMP Negeri 2 Karangtanjung tahun pembelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest– Posttest Control Group Design. Teknik pegumpulan data dalam penelitan ini yaitu tes dan studi pustaka. Teknik pengolahan data dengan menggunakan rumus Hasil penelitian ini menemukan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh dalam pembelajaran menulis narasi siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Karangtanjung. Adapun nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen adalah dan nilai rata-rata posttest di kelas kontrol adalah . Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus t, diperoleh hasil thitung adalah , sedangkan ttabel dengan taraf signifikasi 5% (ts0.05) dan taraf kepercayaan 95% adalah . Jadi, thitung > ttebel. Dengan demikian, perbedaan pretest dan posttest signifikan. Berdasarkan perhitungan tersebut, hipotesis kerja (Ha) yang dirumuskan, yaitu “Pendekatan kontekstual dapat berpengaruh positif dalam pembelajaran menulis narasi siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Karangtanjung tahun pembelajaran 2012/ 2013” terbukti. Artinya, pendekatan kontekstual berpengaruh dalam pembelajaran menulis narasi siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Karangtanjung tahun pembelajaran 2012/ 2013.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Menulis Narasi | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 21:51 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2022 14:31 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13291 |
Actions (login required)
View Item |