Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING SELEBGRAM

Fitriani, Rika and Nurprapti, Nurprapti and Nurjuman, Husnan (2019) STRATEGI PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING SELEBGRAM. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI. STRATEGI PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING SELEBGRAM - Copy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rika Fitriani. NIM. 6662140906. Skripsi. Strategi Pengelolaan Akun Instagram Dalam Membangun Personal Branding Selebgram. Pembimbing I: Dr. Nurprapti Wahyu W., M.Si dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman., M.Si. Maraknya penggunaan media sosial Instagram pada saat ini, membuat Instagram menjadi salah satu pasar bisnis yang menggiurkan. Hal tersebut dibukikan dengan menjamurnya online shop yang ada di Instagram. Setiap online shop pastilah membutuhkan media promosi untuk semakin menyebarluaskan produk yang ditawarkan kepada para pengguna Instagram. Selebgram (selebriti Instagram) merupakan salah satu ranah promosi yang dianggap efektif dan efisien bagi para online shop. Dengan demikian, fenomena selebgram juga kian marak di Instagram, bahkan menjadi salah satu peluang bisnis di bidang jasa yang sangat menggiurkan. Pada saat ini, banyak selebgram bermunculan di Instagram, oleh karena itu, para selebgram haruslah membangun sebuah personal branding yang kuat di Instagram agar dapat bersaing dengan selebgram lainnya. Pengelolaan akun Instagram menjadi salah satu hal yang penting dalam membangun personal branding selebgram. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi pengelolaan akun selebgram dalam membangun sebuah personal branding. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode studi kasus serta peneliti menggunakan teori impression management. Hasil yang ditemukan peneliti dalam penelitian ini adalah para selebgram melakukan diferensiasi dan dramatisasi guna membangun personal branding dengan melakukan pengelolaan akun dari mulai profil, tampilan, serta konten yang diunggah. Dalam membangun personal branding, mereka melakukan analisis SWOT pada akun Instagram miliknya. Dalam melakukan segmenting, para selebgram cenderung melakukan segmenting dari segi demografi dan psikografis. Kemudian untuk targeting, mereka lebih berfokus kepada kalangan remaja. Serta dalam melakukan positioning, mereka lebih berfokus pada intensitas interaksi dengan para pengikutnya di Instagram. Kata kunci: Personal Branding, Instagram, Selebgram, Impression Management Theory

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Rika Fitriani. NIM. 6662140906. Thesis. Management Strategy of Instagram Account in Building Personal Branding of Selebgram. Thesis Advisor I: Dr. Nurprapti Wahyu W., M.Si and Thesis Advisor II: Husnan Nurjuman., M.Si. The massive use of Instagram at this time is making Instagram into one of the tempting market business. This has been proven by the growth of the online shop on Instagram. Every online shop needs media promotion to spread more of their products to the Instagram user. Selebgram (Celebrity on Instagram) is one of the techniques for a promotion that is considered effective and efficient for the online shop. Therefore, selebgram phenomenon is getting more thriving on Instagram, even becoming one of very tempting business opportunity in the service sector. Now many selebgram are arising on Instagram, for this reason the selebgram have to build a strong personal branding on Instagram so they could compete with the other selebgram. Managing Instagram account has become one of the important parts in building personal branding for selebgram. Thus, this research aimed to know how management strategy of selebgram account in building a personal branding. This research used constructivist paradigm with qualitative descriptive approach. Research method that being used by researcher was case study method also impression management for the theory. The result of this research showed that selebgram was doing differentiation and dramatization to build personal branding with managing account starting from profile, display, also uploaded content. In built personal branding, they were analyzing SWOT to their Instagram account. In segmenting, the selebgram incline to do segmentation by demography and psychography. Then for the targeting, they were more focus to teenager. Also in positioning, they were more focus on the intensity of the interaction with their followers on Instagram. Keywords: Personal Branding, Instagram, Selebgram, Impression Management Theory
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 06 May 2019 05:13
Last Modified: 06 May 2019 05:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item