Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL WRITE AROUND TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 24 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sulistio, Muhammad (2015) PENGARUH MODEL WRITE AROUND TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 24 KOTA SERANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL WRITE AROUND TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI KELAS VIII SMP NEGERI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketimpangan hasil belajar pada kompetensi menulis siswa di SMP Negeri 24 Kota Serang. Berdasarkan hasil wawancara dan telaah langsung di kelas saat PPLK bulan September-Oktober 2013, didapati siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan kompetensi menulis. Pembelajaran menulis puisi merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis, sebab dalam pembelajaran menulis puisi, siswa diharuskan untuk menguasai kosa kata yang cukup, peletakan kosa kata sesuai dengan maksud dan makna, dan mengelola agar tampak estetik. Dengan demikian, menjadi perhatian khusus dalam penelitian ini, penggunaan metode pembelajaran bahasa yang menggugah peningkatan capaian kompetensi menulis yang dilakukan oleh guru.Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh penggunaan model Write Around pada hasil pembelajaran menulis puisi kelas VIII di SMP Negeri 24 Kota Serang dan bagaimana hasil pembelajaran menulis puisi kelas VIII di SMP Negeri 24 Kota Serang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui derajat signifikansi penggunaan model write Around pada hasil pembelajaran menulis puisi kelas VIII di SMP Negeri 24 Kota Serang. Paradigma penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian true eksperimental design. Data dikumpulkan berdasarkan hasil riset saat PPLK tahun 2013 yang kemudian dilakukan uji prasyarat. Setelah dilakukan uji prasyarat, dilakukan dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model write Around. Berdasarkan analisa uji korelasi Spearman, kemudian disubtitusikan kedalam uji t, maka didapat nilai dari thitung lebih kecil sama dengan ttabel dengan besaran 0,1407 ≤ 2,074 berarti koefisien korelasi tidak signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, Asep197604072001121001
Thesis advisorHusnul Mawadah, Ade197906292005012004
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Model pembelajaran, write Around, menulis puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:51
Last Modified: 08 Sep 2022 09:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item