Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING ( SFAE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA ( Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN Serdang I)

RIANTI, LUH (2015) PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING ( SFAE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA ( Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN Serdang I). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING ( SFAE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa yang menggunakan pembelajaran dengan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Serdang I dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil dari penelitian inidiperolehrata-rata pretes kelas eksperimen 61,02 meningkat menjadi 76,28 pada nilai postes, sedangkan rata-rata pretes kelas kontrol 57,01 meningkat menjadi 64,07 pada nilai postes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE)memperoleh hasil yang lebih baik dari siswa pada kelas kontrol yang hanya menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, terdapat pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNalhakim, Lukman197904092007101001
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Additional Information: This eksperimen aims to determine the differences in the ability of understanding the concept of science students who use the Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) and using conventional learning. This eksperimen was conducted in Serdang I SDN by using a quasi-experimental methods. Results from this eksperimen were obtained an average of 61.02 experimental class pretest increased to 76.28 in posttest value, while the average class pretest control 57.01 increased to 64.07 in posttest value. Based on the results of this eksperimen concluded that students in the experimental class using the Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) obtain better results than students in the control class using only conventional methods. Thus, there is the influence of Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) on the ability of students' understanding of science concepts.
Uncontrolled Keywords: kata kunci : model student facilitator and explaining (SFAE). pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:51
Last Modified: 08 Sep 2022 09:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item View Item