Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE KARYAWISATA DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Israini, Febriana (2015) PENGARUH METODE KARYAWISATA DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH METODE KARYAWISATA DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X di SMA Negeri 3 Kota Serang yang masih rendah serta mengalami kesulitan dalam menuangkan ide, pikiran, dan gagasannya ke dalam tulisan deskripsi dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruhpenggunaan metode karyawisata dan example non example dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan metode karyawisata berpengaruh terhadap pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2015/ 2016? (2) Apakah penggunaan metode example non example berpengaruh terhadap hasil pembelajaran menulis karangan deskrispsi siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2015/ 2016? (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode karyawisata dan example non example terhadap pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2015/2016? Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, penggunaan metode karyawisata dan example non example berpengaruh terhadap hasil menulis karangan deskripsi siswa SMA Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2015/ 2016. Kemudian dilakukan uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat sebesar17,727, dan sebesar 2,002. Dengan demikian, lebih besar dari (17,727 >2,002) maka diterima dan ditolak. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode karyawisata dengan metode example non example terhadap hasil menulis karangan deskripsi pada siswa SMA Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2015/ 2016. Penggunaan metode karyawisata lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan metode example non example, hal tersebut diperoleh dari rata-rata hasil postest kelompok eksperimen yang lebih tinggi, yaitu81,1. Sedangkan rata-rata hasil tes kelompok kontrol hanya77,5 Kata kunci: menulis, karangan deskripsi, metode, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, Asep197604072001121002
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Uncontrolled Keywords: menulis, karangan deskripsi, metode, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2022 15:24
Last Modified: 18 Apr 2022 15:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13283

Actions (login required)

View Item View Item