Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE-OUTSIDE-CYRCLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN CEMBEH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cembeh Tahun Ajaran 2014/2015)

Meilistiawati, Meilistiawati (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE-OUTSIDE-CYRCLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN CEMBEH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cembeh Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside-Cyrcle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dengan dua tahap siklus penelitian. Setiap siklusnya dilakukan 2 pertemuan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, sedangkan data yang diperoleh meliputi data hasil belajar menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian berjumlah 47 peserta didik. hasil penelitian ini menunjukkan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside-Cyrcle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. hal ini ditunjukan dengan persentase peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I yaitu 67 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada akhir siklus I sebesar 74% aktivitasnya berada pada kriteria “Baik” dan meningkat menjadi 80% pada akhir siklus II dengan kriteria “Baik Sekali”. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Inside-Outside-Cyrcle dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri198203032006041004
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Additional Information: The purpose of this research is to improve the activity and student learning outcomes by implementing cooperative learning type inside-outside-cyrcle. The method used in this study is a Class Action Research. Actions in this study conducted by two research cycle stages. Each cycle was performed 3 meeting, which consists of 4 stages is : planning, implementation, observation and reflection, whereas the data obtained include learning outcomes data using written tests, observation sheets, and field notes. Subjects numbered 47 students. The results of this study demonstrate the implementation of cooperative learning type inside-outside-cyrcle can improve student learning outcomes. This is shown by the average percentage increase student learning outcomes of 67 in the first cycle and increased to 80 in the second cycle. The observation of student activities at the and of the first cycle of 80% and increased to 100% in the second cycle with classes of “Very Good”. Conclusions that can be drawn from this study is that the application of cooperative learning type inside-outside-cyrcle can improve learning outcomes and activities of students in the 4 grade math in elementary shool.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : pembelajaran kooperatif tipe inside-outside-cyrcle, hasil belajar,pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 21:52
Last Modified: 07 Sep 2022 10:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13264

Actions (login required)

View Item View Item