Annisa Fahram, Zahra (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SEJARAH PROKLAMASI Penelitian Tindakan Kelas V di SD NEGRI 07 Kota Cilegon Kelas V. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PEL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Background research of this class action is in the process of learning the teacher is not using current variations and the learning methods only apply the lecture method is monotonous and therefore contributes to low activity and student learning outcomes.. The purpose of this research is to increase the activity and results for students at SDN 07 Cilegon on the proclamation of the historical material.. This research conducted of two cycles, each cycles consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that1 ) student activity increased after using Role Playing . 2 ) increased student learning outcomes of each cycle , the first cycle reaches 48 % , while the second cycle increased to 93 %. Based on these results the researchers concluded that the activities of teachers and students has increased after using Role Playing. The conclusions of this research is through Role Playing models can improve the quality of learning social studies include, activities and student learning outcomes. Suggestions from this research is the teacher should be able to choose the model of learning and media appropriate to the material that improve learning outcomes and student activity during the learning process
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Latar belakang penelitian tindakan kelas ini adalah dalam proses belajar mengajar guru tidak menggunakana berbagai variasi metode pembelajaran dan hanya menerapkan metode ceramah secara monoton sehingga berpengaruh terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN 07 Cilegon pada materi sejarah proklamasi. Penelitian Tindakan Kelas melalui model Role Playing dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) aktivitas siswa meningkat setelah menggunakan metode Role Playing. 2) hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya, siklus I mencapai 48% sedangkan siklus II meningkat menjadi 93%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode Role Playing. Simpulan penelitian ini adalah melalui model Role Playing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dari hasil penelitian ini adalah hendaknya guru dapat memilih model pembelajaran dan media yang sesuai dengan materi sehingga meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Studen activity, Role Playing method, social science Learning,aktivitas siswa, metode Role Playing, Pembelajaran IPS | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 16:31 | |||||||||
Last Modified: | 22 Apr 2022 16:31 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13260 |
Actions (login required)
View Item |