Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UJI EFEKTIFITAS ADSORBEN DARI PEMANFAATAN LIMBAH SEKAM PADI (Rice Husk) UNTUK MENGADSORP ION TIMBAL

Solihun, Solihun and Pancahyo, Alditia (2014) UJI EFEKTIFITAS ADSORBEN DARI PEMANFAATAN LIMBAH SEKAM PADI (Rice Husk) UNTUK MENGADSORP ION TIMBAL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
UJI EFEKTIFITAS ADSORBEN DARI PEMANFAATAN LIMBAH SEKAM PADI (Rice Husk) UNTUK MENGADSORP ION TIMB.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Limbah yang mengandung logam berat Pb merupakan salah satu limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang dalam konsentrasi tinggi dapat merusak lingkungan hidup, kelangsungan hidup dan kesehatan makhluk hidup baik secara langsung maupun tidak langsung. Ambang batas timbal (Pb) dalam air adalah 1 mg/ltr. Salah satu alternatif pemisahan logam dari campuran atau larutannya adalah menggunakan media adsorben dengan prinsip adsorbsi. Adsorpsi merupakan suatu fenomena sifat permukaan yang timbul jika dua fase zat terjadi kontak. Salah satu bahan yang digunakan sebagai adsorben adalah sekam padi. Sekam padi didapat dari hasil penggilingan padi berupa gabah yang mengandung sekitar 20-23% sekam. Limbah sekam padi dapat dijadikan adsorben karena memiliki kandngan selulosa yang cukup tinggi, kadar karbon yang tinggi serta kadar abu dan hidrogen yang rendah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji kemampuan adsorpsi sekam padi dan mengetahui kondisi optimum adsorpsi dengan memvariasikan jumlah adsorben dan kecepatan pengaduk serta mengetahui model adsorpi melalui pendekatan Freundlich dan Langmuir. Tahap pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menghaluskan adsorben dengan ukuran 40 Mesh, lalu diaktivasi dengan NaOH kemudian dipanaskan dengan suhu 110oC selama 2 jam. Tahap kedua uji adsorpsi dengan mencampurkan adsorben sekam kedalam larutan Timbal Asetat 1.000 ppm dengan pengadukan selama 2 jam. Variasi pada penelitian ini, yaitu waktu aktivasi adsorben dan massa adsorben. Dari penelitian ini diperoleh hasil penurunan konsentrasi larutan limbah buatan menjadi 73 ppm dengan ion timbal yang teradsorp sebanyak 927 kg Pb/kg sekam padi, adsorben optimum terjadi pada waktu aktivasi 1 jam dengan massa 2 gram dan dengan model persamaan Freundlich.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWardalia, Wardalia198406202008122002
Uncontrolled Keywords: Keywords : Adsorben, NaOH, Sekam Padi, Ion Timbal, Freundlich
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 10:47
Last Modified: 07 Sep 2022 10:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13243

Actions (login required)

View Item View Item