Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP ISLAM ASYSYAKIRIN KOTA TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

JULINDA, JULINDA (2015) PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP ISLAM ASYSYAKIRIN KOTA TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP ISLAM .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil menulis puisi siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang?”, “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio terhadap hasil menulis puisi siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang?”, “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil menulis puisi antara yang menggunakan media gambar dan yang menggunakan media audio pada siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar dan media audio terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas 7.2 sebagai kelas eksperimen dan 7.1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil pembelajaran menulis puisi di kelas eksperimen dengan menggunakan media gambar mendapatkan nilai rata-rata sebesar 72,73 dengan nilai pretes yaitu 57,24. Penggunaan media audio berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65,14 dengan nilai pretes yaitu 54,12, berdasarkan data hasil pembelajaran yang memiliki peningkatan pada nilai postest di kelas eksperimen yang memiliki selisih 7,59 point dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol 72,73 dan 65,14, dari hasil tersebut terlihat adanya perbedaan yang signifikan yakni nilai yang menggunakan media gambar lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan media audio dalam pembelajaran menulis puisi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media gambar lebih baik dibandingkan dengan media audio untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Kata kunci: Gambar, Audio, Menulis, Puisi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Thesis advisorIstimurti, Meti196505251989032015
Uncontrolled Keywords: Gambar, Audio, Menulis, Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2022 14:50
Last Modified: 18 Apr 2022 14:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13227

Actions (login required)

View Item View Item