JULINDA, JULINDA (2015) PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP ISLAM ASYSYAKIRIN KOTA TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP ISLAM .PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil menulis puisi siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang?”, “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio terhadap hasil menulis puisi siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang?”, “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil menulis puisi antara yang menggunakan media gambar dan yang menggunakan media audio pada siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar dan media audio terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas 7.2 sebagai kelas eksperimen dan 7.1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka diperoleh kesimpulan yaitu hasil pembelajaran menulis puisi di kelas eksperimen dengan menggunakan media gambar mendapatkan nilai rata-rata sebesar 72,73 dengan nilai pretes yaitu 57,24. Penggunaan media audio berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 65,14 dengan nilai pretes yaitu 54,12, berdasarkan data hasil pembelajaran yang memiliki peningkatan pada nilai postest di kelas eksperimen yang memiliki selisih 7,59 point dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol 72,73 dan 65,14, dari hasil tersebut terlihat adanya perbedaan yang signifikan yakni nilai yang menggunakan media gambar lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan media audio dalam pembelajaran menulis puisi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media gambar lebih baik dibandingkan dengan media audio untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Kata kunci: Gambar, Audio, Menulis, Puisi
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gambar, Audio, Menulis, Puisi | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2022 14:50 | |||||||||
Last Modified: | 18 Apr 2022 14:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13227 |
Actions (login required)
View Item |