Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN ATAS KEGIATAN AGENCY (Studi Pada PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia)

ANDRIATNA, FERRY (2014) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN ATAS KEGIATAN AGENCY (Studi Pada PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN ATAS KEGIATAN AGENCY.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peranan pihak tertanggung, penanggung maupun kegiatan seorang agen didalam kegiatan agency sebagai ujung tombak perusahaan asuransi jiwa. dan perlunya perlindungan hukum yang diberikan kepada nasabah serta penyelesaian terhadap kendala yang timbul didalam kegiatan agency. Metode Penelitian : Metode yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif yang didalamnya menggunakan beberapa data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer dan terdapat juga bahan hukum sekunder Hasil Penelitian : Didalam kegiatan agency terdapat kesalahan-kesalahan yang sering timbul dalam praktek perasuransian antara lain penggelapan premi nasabah yang dilakukan oleh agen asuransi dan data yang diberikan tertanggung tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, hal tersebut dapat merugikan nasabah maupun perusahaan asuransi. Adanya perangkat perundang-undangan seperti : KUHD, KUHPerdata, Peraturan Pemerintah, Keputusan Menteri maupun Etika Bisnis Keagenan PT. Generali Indonesia dan Kode Etik Dewan Asuransi Indonesia yang diterapkan oleh perusahaan dapat membantu memberikan perlindungan hukum terhadap nasabah oleh pihak penanggung serta dapat menentukan akibat hukum apabila data yang diberikan tertanggung tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, Peran nasabah dalam memberikan informasi yang benar dan dengan itikad baik sangat mendukung kegiatan agency dalam menghasilkan produktivitas yang diharapkan dan untuk kepentingan terhadap perlindungan nasabah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPrihartono, Agus197904192002121002
Thesis advisorSyahrul, Rully198102252008121002
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 10:39
Last Modified: 05 Sep 2022 11:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item View Item