Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI DAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII MTs MATHLA’UL HUDA PABUARAN

Apriani, Siti Rosi (2015) PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI DAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII MTs MATHLA’UL HUDA PABUARAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI DAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh media film animasi terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa di kelas VII MTs Mathla’ul Huda Pabuaran?, (2) Untuk mengetahui pengaruh media cerita bergambar terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa di kelas VII MTs Mathla’ul Huda Pabuaran?, (3) Untuk mengetahui perbedaan antara media film animasi dengan media cerita bergambar terhadap kemampuan menulis karangan narasi di kelas VII MTs Mathla’ul Huda Pabuaran?. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Mathla’ul Huda Pabuaran, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol, sampel ini diambil dengan cara mengundi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji persyaratan data yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas dan teknik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen pada saat tes awal (pretest) sebesar 56,75 dan pada saat tes akhir (posttest) menjadi 71 atau mengalami peningkatan sebesar 14,25 point, sedangkan peningkatan nilai di kelas kontrol pada saat tes awal (pretest) sebesar 55,5 dan pada saat tes akhir (posttest) menjadi 63,75 atau mengalami peningkatan sebesar 8,25 point. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media film animasi dan media cerita bergambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t Hasil penghitungan tersebut membuktikan adanya perbedaan antara pengaruh media film animasi dengan media cerita bergambar terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas VII MTs Mathla’ul Huda Pabuaran. Perbedaan tersebut nyata terlihat dari hasil tes akhir (posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 71 > 63,75 yang terpaut sebesar 7,25 point, sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media film animasi berpengaruh besar terhadap terhadap pemelajaran menulis karangan narasi dibandingkan dengan menggunakan media cerita bergambar. Kata Kunci : Pengaruh, film animasi, menulis karangan narasi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Thesis advisorWahid, Farid Ibnu197902072008121002
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, film animasi, menulis karangan narasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2022 14:17
Last Modified: 18 Apr 2022 14:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13212

Actions (login required)

View Item View Item