Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PASIEN SEBAGAI KONSUMEN JASA DI BIDANG PELAYANAN MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN SERANG DI TINJAU MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN DAN UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

FERDIAN, NOFAN (2014) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PASIEN SEBAGAI KONSUMEN JASA DI BIDANG PELAYANAN MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN SERANG DI TINJAU MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN DAN UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PASIEN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Banyaknya kasus serta gugatan dari pasien kepada jasa professional di bidang kesehatan untuk melakukan ganti rugi atas kesalahan atau kelalaian yang dilakukan oleh dokter, perawat atau tenaga medis lainnya dalam melakukan tugas dan kewajibannya. Kesalahan maupun kelalaian dokter maupun tenaga medis lainnya merupakan hal penting untuk dikaji, karena hal ini berkaitan dengan kerugian yang diderita pasien karena kesalahan maupun kelalaian tersebut. Dengan demikian, tujuan penulisan membuat skripsi adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap pasien sebagai konsumen jasa di bidang pelayanan medis menurut Undang-undang No. 36 tahun 2009 Tentang Kesehatan dan Undang-undang No. 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan untuk mengetahui bentuk tanggung jawab Rumah Sakit sebagai penyedia jasa kesehatan terhadap pasien yang di rugikan atas penyedia jasa di bidang pelayanan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Serang. Metode yang di gunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu hukum normatif empiris, dengan meneliti bahan-bahan pustaka atau data skunder dan studi lapangan yang dilakukan dengan wawancara. Penelitian ini memaparkan dan menggambarkan fakta mengenai objek penelitian yang kemudian fakta-fakta tersebut dianalisa untuk mendapatkan jawaban dan suatu kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penulisan skripsi ini adalah perlindungan hukum terhadap pasien sudah diatur sesuai dengan Undang-undang No, 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan hak-hak pasien sudah di atur dengan jelas di dalam Undang-undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Tanggung jawab rumah sakit terhadap pasien yang di rugikan atas penyedia jasa di bidang pelayanan medis yaitu memberikan sanksi terhadap dokter atau pihak rumah sakit yang melakukan kesalahan atau kelalaian terhadap pasien sebagai pengguna jasa pelayanan medis

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuhadi, Aris196002082003121001
Thesis advisorAgus, Dede197008202005011002
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 10:39
Last Modified: 05 Sep 2022 11:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13211

Actions (login required)

View Item View Item