Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kuantitatif di Desa Sasahan Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang Banten)

DESYATI, DESYATI (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kuantitatif di Desa Sasahan Kecamatan Waringinkurung Kabupaten Serang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peranan keluarga sangat besar pengaruhnya dalam pendidikan jiwa anak, apabila orang tua tersebut salah dalam pendidikan anak tersebut maka akan menjadi fatal, apalagi sampai harus memukulnya akan mengakibatkan kurangnya berfikir atau bodo, maka dari itu lingkungan keluarga yang menjadi peran dalam pendidikan ini harus memiliki kesabaran yang tinggi dan memiliki kewibawaan yang kuat juga pintar-pintar dalam mengarahkan, kecerdasan anak itu sangat penting untuk kita kelola demi masa depan anak dan generasi penerus, sehingga semakin banyak orang-orang pintar maka semakin banyak juga kemandirian yang dimiliki oleh anak-anak dalam berfikir baik secara global, karna lingkungan keluarga membentuk aspek jasmani dan rohani seseorang berdasarkan kepada nilai-nilai Agama Islam yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur‟an dan sunah Rosulullah. Kedua aspek tersebut diharapkan tumbuh seimbang, sehingga tidak menimbulkan kesenjangan antara kebutuhan rohaniah dengan kebutuhan jasmaniah. Dalam menganalisa data, penulis memeberikan kesimpulan bahwa Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 49,306 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,23 pada taraf signifikansi 5%. Secara keseluruhan variabel pengaruh lingkungan keluarga memberikan kontribusi sebesar 72,7% terhadap kemandirian anak

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, Isti1964022819990012001
Thesis advisorFahmi, Fahmi1979008102010122001
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Apr 2022 13:43
Last Modified: 18 Apr 2022 13:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item View Item