Hermansyah, Arif and Gumelar, Rangga G. and Nurjuman, Husnan (2019) PENGELOLAAN KESAN SELEBGRAM DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Selebgram Lokal dikota Cilegon). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text
PENGELOLAAN KESAN SELEBGRAM DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM - Copy.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Arif Hermansyah. NIM. 6662132534.Pengelolaan Kesan Selebgram Dalam Memanfaatkan Media Sosial Instagram (Studi Dramaturgi Selebgram Lokal Dikota Cilegon). Dosen Pembimbing I: Dr.Ing. (FH) Rangga Galura Gumelar M.Si. Dosen Pembimbing II: Husnan Nurjuman, S.Ag.,M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena yang terjadi pada media social Instagram sebagai ajang eksistensi diri dikalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kesan yang dilakukan oleh selebriti Instagram yang biasa dikenal dengan sebutan selebgram dipanggung depan yaitu media social Instagram dan panggung belakang sebagai realitas kehidupannya. Panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) seorang selebgram yang akan diteliti oleh peneliti di sini ialah pembahasan mengenai panggung depan (front stage) yaitu aktifitas yang dilakukan objek di dalam akun Instagramnya meliputi postingan-postingan yang ia upload, dan mengenai panggung belakang (back stage) yaitu persiapan yang di lakukan untuk menunjang penampilanya di panggung depan (front stage) dan juga ketika ia di dalam kehidupan sehari-hari di luar media sosial Instagram.Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi kasus dengan sumber data utama yang diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data pendukung diperoleh dari dokumen-dokumen dan data pendukung lainnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah dramaturgi, dengan pendekatan kualitatif dan paradigma yang digunakan yaitu konstruktivis.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui Pengelolaan kesan yang dilakukan oleh Selebgram dalam panggung depannya seperti menampilkan suatu kesan mewah dan ingin membangun suatu kesan bahwa dirinya merupakan seseorang yang berada dan memiliki eksistensi diri yang ingin diakui oleh pengguna Instagram lainnya.Seperti yang dilakukan LD yang sering menampilkan unggahan pada saat dirinya pergi ketempat-tempat hiburan malam, liburan dengan latar tempat yang mewah serta gaya Bahasa yang ditunjukan seolah-olah dirinya memang memiliki hal tersebut. Sedangkan untuk informan yang kedua yaitu RD, dirinya lebih sering menampilkan suatu kesan yang ingin dirinya diakui oleh khalayak akan suatu karya yang sering ia tampilkan diinstagram untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah sebagai rezeki sampingan. Dalam hal berekspresi yang dilakukan RD, dirinya berusaha membentuk kesan yang ingin terlihat humble dan mudah bergaul, memiliki banyak teman dan berusaha ramah kepada follwers. Pengelolaan kesan pada panggung belakang adalah karakter personal yang ditunjukkan oleh Selebgram di luar aktifitas mereka di dalam akun Instagramnya sangatlah berbeda dengan apa yang ditampilkan di Instagram. Kata Kunci : Pengelolaan Kesan, Selebgram, Dramaturgi.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Arif Hermansyah. NIM. 6662132534. Management of Celebrity Instagram Impressions in Utilizing Social Media Instagram (Dramaturgy Studies of Celebrity Instagram in Cilegon City). Supervisor I: Dr. Ing. (FH) Rangga Galura Gumelar M.Sc. Second Supervisor: Husnan Nurjuman, S.Ag., M.Sc. This research is motivated by the rise of phenomena that occur on Instagram social media as a venue for self-existence among teenagers. This study aims to determine the management of impressions carried out by Instagram celebrities, commonly known as the celebrity on the front stage, namely Instagram social media and the back stage as the reality of his life. The front stage and the back stage of a celebrity that will be examined by the researcher here is a discussion on the front stage, namely the activities carried out by the object in his Instagram account, including the posts he uploaded, and concerning back stage, namely preparation that is done to support its appearance on the front stage and also when it is in daily life outside Instagram social media. The methodology used in this study is a case study with the main data source obtained from interviews and observations, while supporting data is obtained from documents and other supporting data. The theory used in this study is dramaturgy, with a qualitative approach and the paradigm used is constructivist. Based on the results of the study, it can be seen that the management of impressions made by Selebgram on the front stage is like displaying a luxurious impression and wanting to build an impression that he is someone and have other self-existence that other Instagram users want to acknowledge. As LD did, he often displays uploads when he goes to nightclubs, holidays with luxurious settings and the style of language that is shown as if he does have that. Whereas for the second informant, RD, he often displays an impression that he wants to be recognized by the public for a work that he often displays in the diagram to get rupiah coffers as a side gift. In terms of expression carried out by RD, he tried to form an impression that wanted to look humble and easy to get along with, had lots of friends and tried to be friendly to followers. Managing impressions on the back stage is the personal character shown by Selebgram outside of their activities in their Instagram account that is very different from what is displayed on Instagram. Keywords: Impression Management, Celebgram, Dramaturgy. |
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 03 May 2019 07:11 |
Last Modified: | 03 May 2019 07:11 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1319 |
Actions (login required)
View Item |