Subikoh, Siti (2015) TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DALAM NOVEL RUMAH CINTA PENUH WARNA KARYA ASMA NADIA DAN ISA DAN USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS IX SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DALAM NOVEL RUMAH CINTA PENUH WARNA KARYA ASMA NADIA DAN ISA DAN .PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah lingkungan keluarga, terutama orang tua. Sikap, perilaku, dan kebiasaan orang tua selalu dilihat dan ditiru oleh anak untuk kemudian dijadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan para orang tua, terutama ibu haruslah berhati-hati dalam mendidik anak-anaknya. Supaya anak dapat tumbuh dan berkembangan menjadi pribadi yang baik dan dapat menjadi pemimpin yang baik dimasa depan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan psikologi perkembangan kognitif yang terdapat dalam novel Rumah Cinta Penuh Warna karya Asma Nadia dan Isa, dan (2) menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di kelas IX SMP dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sebagai berikut: (1) teknik studi kepustakaan, (2) teknik simak catat, dan (3) teknik analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Rumah Cinta Penuh Warna karya Asma Nadia dan Isa. Data dalam penelitian ini adalah tuturan kalimat tokoh dan antartokoh di dalam novel Rumah Cinta Penuh Warna yang mengungkapkan psikologi perkembangan kognitif anak. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan psikologi perkembangan kognitif tahap sensori motorik, tahap praoperasional, tahap operasional konkret, dan tahap operasional formal. Temuan dan hasil analisis tersebut, dapat disusun menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) karena telah memenuhi kesesuaian dari aspek bahasa, psikologis, dan latar belakang budaya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Psikologi anak, Perkembangan Kognitif, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMP. | |||||||||
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2022 10:34 | |||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2022 10:36 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13154 |
Actions (login required)
View Item |