Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

TINDAK TUTUR DALAM TEKS IKLAN MAJALAH FEMINA EDISI MARET- APRIL 2014 DAN USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS VIII SMP

FAJRIN, VERAWATI (2015) TINDAK TUTUR DALAM TEKS IKLAN MAJALAH FEMINA EDISI MARET- APRIL 2014 DAN USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
TINDAK TUTUR DALAM TEKS IKLAN MAJALAH FEMINA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuturan teks iklan produk kecantikan dalam majalah Femina yang di dalamnya digambarkan dengan situasi dan kondisi yang berbeda-beda sehingga sangat memungkinkan terjadi ujaran-ujaran yang di dalamnya mengandung makna tersirat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud tindak tutur ilokusi yang terdapat di dalam teks iklan produk kecantikan yang berbentuk kalimat yang dimuat di dalam majalah Femina edisi Maret - April 2014, dan (2) menyusun usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di kelas VIII SMP dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik dokumentasi, teknik simak bebas libat cakap dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks iklan produk kecantikan majalah Femina edisi Maret - April 2014. Data dalam penelitian ini adalah tuturan�tuturan yang termasuk tuturan ilokusi yang berwujud asertif, direktif, dan komisif yang ditemukan dalam teks iklan produk kecantikan majalah Femina edisi Maret - April 2014 yang mengandung tindak tutur ilokusi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 32 data tindak tutur ilokusi. Berdasarkan hasil analisis data, dikemukakan simpulan sebagai berikut: (1) ditemukan 19 data wujud tindak tutur asertif bersifat memberitahukan, 8 data wujud tindak tutur direktif bersifat menyarankan, 3 data wujud tindak tutur direktif bersifat memerintah, dan 2 data wujud tindak tutur komisif bersifat berjanji. (2) Hasil analisis dan temuan ini dimanfaatkan untuk menyusun usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di SMP Kelas VIII semester 2 yang berkaitan dengan Standar Kompetensi “Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster” dan Kompetensi Dasar “Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasi.”

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidin, Odin197612222002121001
Thesis advisorErwinJuansah, Dase197707262003121001
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : tindak tutur, majalah Femina, dan teks iklan produk kecantikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Apr 2022 10:31
Last Modified: 30 Aug 2022 10:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13147

Actions (login required)

View Item View Item