Dwi, Rinaldy and Muhibuddin, Muhibuddin and Yuliana, Nina (2010) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS KANTOR PEMASARAN PERMATA SAFIRA REGENCY SERANG (Studi Deskriptif Kualitatif). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text ( Skripsi KOM B)
Skripsi Rinaldy Dwi PDF.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Rinaldy Dwi. NIM. 050600. Skripsi. Strategi Marketing Public Relations Kantor Pemasaran Permata Safira Regency Serang. Pada saat ini kegiatan pemasaran tidak lagi sesederhana seperti dahulu. Dalam mengenalkan produknya kepada konsumen suatu perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang dianggap efektif dan efisien dalam menjaring konsumen baru sehingga masyarakat mengenal dan mengetahui keberadaan perusahaan dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Salah satunya adalah strategi Marketing Public Relations yang merupakan perpaduan antara marketing dan public relations. Wujud penerapan strategi Marketing Public Relations adalah Three Ways Strategy yang melaksanakan program pencapaian tujuan yang diinginkan perusahaan. Three Ways Strategy tersebut adalah Pull Strategy, Pass Strategy dan Push Strategy. Pemilihan strategi Marketing Public Relations yang baik dapat menjaring konsumen baru dan meningkatkan penjualan produk. Hal ini yang ingin dilakukan oleh Kantor Pemasaran Permata Safira Regency Serang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan Pull Strategy, Pass Strategy dan Push Strategy yang dilakukan oleh Kantor Pemasaran Permata Safira Regency Serang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari wawancara dengan informan yaitu General Manager dan Manager Marketing dan KPR Kantor Pemasaran Permata Safira Regency Serang. Metode pengumpulan data yang dilakukan untuk penelitian ini melalui proses tanya jawab yang mendalam, melakukan observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian melalui data yang dianalisis sebagai bahan atau ide dan akan dikembangkan menjadi hasil riset. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat oleh peneliti di lapangan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Kantor Pemasaran Permata Safira Regency Serang telah melakukan Pull Strategy dengan melakukan promo melalui media massa (media relations), mempromosikan produk melalui presentasi dan company profile serta melakukan open table dan pameran di tempattempat yang dianggap strategis. Melakukan Pass Strategy dengan menerapkan sales counter, melakukan pemasaran secara langsung dan melakukan sales promotion dengan menempatkan tenaga penjual di tempat-tempat tertentu yang dianggap strategis. Serta melakukan Push Strategy dengan memberikan informasi seluasluasnya kepada konsumen agar tercipta brand image dan opini publik yang positif dengan cara mengajak langsung konsumen untuk melihat produk yang ditawarkan oleh perusahaan sehingga konsumen tidak akan ragu akan kualitas produk yang ditawarkan. Selain itu memberikan discount / potongan harga kepada calon konsumen sehingga dapat mendorong mereka untuk segera merencanakan pemesanan dan pembelian produk.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | ABSTRACT Rinaldy Dwi. NIM. 050600. Thesis. Marketing Public Relations Strategy of Marketing Office Permata Safira Regency Serang. Nowadays, marketing is no longer simple like the one in the past. In promoting new products, a company should have an effective and efficient marketing strategy to get new costumers in order that they become aware with the company’s existence and products. One can be used here is, Marketing Public Relations strategy which combine marketing and public relations. Marketing public relation strategy can be implemented through “Three Ways Strategy” by running programs to achieve the goals the company expected. The Three Ways Strategy are Pull Strategy, Pass Strategy, and Push Strategy. The company can obtain new costumers and boost the products selling by choosing the right marketing public relations strategy. This is what Marketing Office of Permata Safira Regency Serang wanted to do. The purpose of this research is to explain Pull Strategy, Pass Strategy, and Push Strategy that Marketing Office of Permata Safira Regency Serang has been doing during selling their product. This research uses descriptive methode with qualitative approach. The research datas are obtained through interview with General Manager and Marketing Manager and KPR Permata Safira Regency Serang’s Marketing Office. Colleting datas methode for this research are achieved through depth interview, observation, and documentation. The researcher is doing the research through analyzing raw datas and then being elaborated to get conclusion. From the research conclusion, it can be concluded that the Marketing Office of Permata Safira Regency Serang has been using Pull strategy by promoting their products through mass media (media relations), presentation, and company profiling activities, also holding series of open table and exhibitions in some strategic places. Besides that, they use Pass strategy by implementing sales counter, direct selling, and put sales officer in some places which are considered strategic. They also use Push strategy by giving information to the consumers as much as possible so that in order to build a positive brand image and public opinion. They ask the costumers to see their procucts so that there is no doubt about the quality. Moreover, they give discounted price to attract the costumers to order and buy their products. |
Subjects: | Communication > Public Relations Science |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 14 Jan 2013 04:11 |
Last Modified: | 15 May 2013 03:11 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/131 |
Actions (login required)
View Item |