Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MANAJEMEN RETRIBUSI TERMINAL KALIJAGA, KABUPATEN LEBAK DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH

Puteri, Nadiya Aisyah and Rahmawati, Rahmawati and Jumiati, Ipah Ema (2018) MANAJEMEN RETRIBUSI TERMINAL KALIJAGA, KABUPATEN LEBAK DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
nadiya aisyah puteri (6661131033) - Copy.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Nadiya Aisyah Puteri. 6661131033. Manajemen Retribusi Terminal Kalijaga, Kabupaten Lebak Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Program Studi Administrasi Publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I: Rahmawati, M.Si. Dosen Pembimbing II: Dr. Ipah Ema Jumiati, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya permasalahan dalam pengelolaan Terminal Kalijaga, Kabupaten Lebak oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak diantaranya adalah masih rendahnya jumlah selisih target dengan realisasi, lemahnya petugas dalam menjalankan tugas, minimnya ketaatan supir angkutan, tanda bukti pembayaran retribusi yang terkadang tidak diberikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen retribusi Terminal Kalijaga, Kabupaten Lebak dalam upaya peningkatan pendapatan asli daerah. Teori yang digunakan adalah prinsip manajemen retribusi oleh Mahmudi (2010: 25) dengan dimensi perbaikan pelayanan, perluasan basis retribusi, pengendalian atas kebocoran penerimaan, dan perbaikan administrasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman (1984). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen retribusi Terminal Kalijaga, Kabupaten Lebak dalam upaya peningkatan pendapatan asli daerah belum berjalan dengan baik, dikarenakan beberapa kendala yakni tidak adanya rincian waktu kerja petugas dalam standar operasional prosedur pemungutan retribusi terminal, hanya menambahkan jumlah subjek retribusi, sistem penyetoran retribusi yang terlalu kaku, lemahnya sumber daya manusia. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan agar Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak melakukan revisi regulasi pemungutan retribusi, Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak dan BAPENDA berkoordinasi dengan Bupati untuk pengkajian ulang wajib retribusi baru, menggunakan ATM sebagai alternatif pembayaran setoran retribusi, dan pelatihan kerja untuk para petugas pemungut retribusi. Kata Kunci : Manajemen, Retribusi, Terminal Kalijaga, Pendapatan Asli Daerah

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Nadiya Aisyah Puteri. 6661131033. Retribution Management of Kalijaga Terminal, Lebak Regency In a Effort to Increase Local Own Revenue. Public Administration Departement. Faculty of Social and Political Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. The 1St Advisor: Rahmawati,M.Si. The 2nd Advisor: Dr. Ipah Ema Jumiati, M.Si. This research motived is the many problems in the management of the Kalijaga Terminal by the Transportation Departement of Lebak Regency such as the still low sum of target differences with realization, weak employee to practice their duties, the low adherence from transportation driver, sign of retribution payment that is sometimes not given. This research is conducted to know retribution management of Kalijaga Terminal, Lebak Regency in a effort to increase local own revenue. The theory used the principle of retribution management by Mahmudi (2010: 25) with dimensions service improvement, expanding base of retribution, preventative up income leak, and administration improvement. This research used descriptive qualitative method. Data analysis techniques using Miles & Huberman (1984) model. The result of this study indicate that the retribution management of Kalijaga Terminal, Lebak Regency in a effort to increase local own revenue not going well. The cause is the not available time details for working in the Operation Standard of Procedure of the retribution administration, only add the quantity of subject retribution available, payment retribution system is not fleksibel, lowness human resources. Therefore the researcher recommends that the Transportation Departement Lebak Regency to revised regulation of the retribution administration, Transportation Departement Lebak Regency and BAPENDA to coordinate with the Regent for the review of the new retribution subject, to used automated teller (ATM) for payment alternative of retribution income, and job training for the retribution officer. Keywords: Management, Retribution, Kalijaga Terminal, Local Own Revenue.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:27
Last Modified: 25 Apr 2019 08:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item View Item