Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIS DAN TIPE KEPRIBADIAN

Malasari, Niar (2015) PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MATEMATIS DAN TIPE KEPRIBADIAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar Matematis dan Tipe Kepribadian.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

NIAR MALASARI. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar Matematis dan Tipe Kepribadian (Penelitian Kualitatif pada siswa kelas XI di SMK Pasundan 1 Kota Serang). Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan gaya belajar matematis dan kepribadian setiap siswa ketika belajar. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI Ak 1 dan XI Ak 3 SMK Pasundan 1 Kota Serang. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket gaya belajar matematis, dan kuesioner tipe kepribadian. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Subjek ML ketika mengerjakan, dapat menuliskan data diketahui, ditanyakan, serta kecukupan data. Namun, terkendala pada soal berbentuk soal cerita. Subjek SL ketika mengerjakan, khususnya soal yang membutuhkan alasan, cenderung menggunakan simbol. Subjek IL dapat menuliskan data diketahui, ditanyakan, dan kecukupan data. Namun, cara pengerjaannya lebih simpel. Subjek UL ketika mengerjakan soal yang membutuhkan alasan sebagai penjelasannya, selalu kurang tepat karena terkendala pada soal yang meminta suatu alasan/penjelasan. (2) Subjek GU ketika mengerjakan, cara pengerjaannya cenderung menggunakan tahapan yang rinci dan jelas. Subjek AR ketika mengerjakannya cenderung terburu-buru, karena ingin menunjukkan kemampuannya dengan cara mengerjakannya dengan cepat. Subjek RA ketika mengerjakan, memiliki ide awal untuk dapat menyelesaikannya. Namun, cara penyelesaiannya tidak sistematis. Subjek ID dalam menjawabnya selalu tidak konsisten dari ketiga tesnya. Namun, kemampuan awal yang dimilikinya untuk menyelesaikan soal-soal sudah benar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni198208102008012016
Thesis advisorRafiani, Isna0013048801
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Belajar Matematis, dan Tipe Kepribadian
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Apr 2022 22:00
Last Modified: 17 Apr 2022 22:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13052

Actions (login required)

View Item View Item