Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Pradana, Gaung (2015) PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Full.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Gaung Pradana, Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang 2015. Dalam pengklasifikasian gaya belajar menurut DePorter dan Hernacki ada 3, yaitu: gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Adapun langkah-langkah yang dijabarkan oleh Polya dalam pemecahan masalah matematis adalah: (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana, (3) melaksanakan rencana, dan (4) memeriksa kembali. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Adapun hasil penelitian yang didapatkan untuk siswa visual: (1) memahami masalah dengan menuliskan hal yang diketahui secara lengkap,(2) menyusun rencana dengan teratur dalam masalah yang berbeda, (3) melaksanakan sesuai dengan rencana yang dibuatnya, (4) jawaban yang disimpulkan sesuai dengan apa yang ditanyakan. Siswa auditorial: (1) menuliskan hal yang diketahui dengan cara membuat pemodelan matematikanya, (2) cenderung menggunakan kalimat yang panjang dalam menyusun rencana, (3) melaksanakan rencana tidak berdasarkan susunan rencana sebelumnya dan cenderung menggunakan ciri-ciri visual, (4) menyimpulkan dengan kalimat panjang lebar dan sesuai dengan yang ditanyakan. Siswa kinestetik: (1) memahami masalah dengan menuliskan pemisalan dan selanjutnya membuat model matematikanya, (2) menggunakan bahasanaya sendiri dalam menyusun rencana, (3) melaksanakan rencana yang disusunnya tidak jelas dan tidak lengkap, (4) dalam menyimpulkan sesuai dengan apa yang ditanyakan dan cenderung menggunakan kalimat yang mengandung aksi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPujiastuti, Heni198208102008012016
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi198009242006042002
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, pemecahan masalah, visual, auditorial, kinestetik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Apr 2022 21:51
Last Modified: 17 Apr 2022 21:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item View Item