Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERAN KANTOR PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MASYARAKAT DI DINAS PERPUSTAKAAN KOTA SERANG

AL-ANSHORI, DODY BAKHTIAR (2015) PERAN KANTOR PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MASYARAKAT DI DINAS PERPUSTAKAAN KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PERAN KANTOR PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MASYARAKAT DI DINAS PERPUSTAKAAN KOTA .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Kantor Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Membaca Masyarakat Di Dinas Perpustakaan Kota Serang” yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana minat membaca masyarakat di Perpustakaan umum Kota Serang, untuk mengetahui usaha pengelola Kantor Perpustakaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat sekitar dan untuk mengetahui apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan Perpustakaan umum di Dinas Perpustakaan Kota Serang. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Serang. Dimulai dari bulan maret sampai dengan april 2015. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi literatur dan studi dokumentasi, dengan jumlah populasi pada penelitian ini adalah 7 orang pegawai, peneliti menggunakan random sampling sebanyak 10 orang masyarakat membaca. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa minat membaca masyarakat di Perpustakaan umum Kota Serang sudah cukup tinggi. Kemudian usaha pengelola dalam meningkatkan minat baca dengan mengadakan lomba bercerita di tingkat Paud sampai dengan SMP, layanan perpustakaan yang mudah dan terjangkau, penyediaan sarana dan fasilitas layanan Perpustakaan secara manual dan elektronik. Sarana dan prasarana Perpustakaan sudah cukup memadai, serta kerjasama antara Kantor Perpustakaan dengan lembaga baca nonformal, formal dan Kantor Perpustakaan nasional sudah sangat baik. Namun kendala yang masih di hadapi Perpustakaan yaitu belum memiliki gedung sendiri dan masih menempati ruang kecil di salah satu sudut Kantor Walikota Lama yang letaknya tidak strategis, sehingga belum banyak masyarakat umum yang mengetahui keberadaan Perpustakaan Kota Serang, ruang yang sempit sehingga layanan baca, layanan internet, layanan baca anak dan sentra musik menjadi satu ruangan serta Masih minimnya SDM dalam menunjang kegiatan dan pelayanan perpustakaan. Diharapkan dengan adanya penelitian ini masyarakat memahami tujuan, manfaat, peran dan fungsi diadakannya perpustakaan umum Kota Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHaila, Hidayatulla195909151986031003
Thesis advisorFaturrohman, Nandang195807211986101001
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Apr 2022 19:53
Last Modified: 17 Apr 2022 19:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13042

Actions (login required)

View Item View Item