Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN ANEKA MAKANAN DI PKBM BERKAH KECAMATAN MENES

ROSMIATI, ROSI (2015) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN ANEKA MAKANAN DI PKBM BERKAH KECAMATAN MENES. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN ANEKA MAKANAN DI PKBM BERKAH KECAMATAN MENES.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Rosi Rosmiati (2221110699).“Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Aneka Makanan di PKBM Berkah Kecamatan Menes” Pembimbing I, Dr. Sudadio, M.Pd. Pembimbing II, Drs. H. Nandang Faturohman, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan aneka makanan di PKBM Berkah kecamatan menes. (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan aneka makanan di PKBM Berkah kecamatan menes. (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan aneka makanan di PKBM Berkah kecamatan menes. Dengan tujuan untuk (1) untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan aneka makanan di PKBM Berkah kecamatan menes. (2) untuk mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan aneka makanan di PKBM Berkah kecamatan menes. (3) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan aneka makanan di PKBM Berkah kecamatan menes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, tutor serta warga belajar. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dapat dinyatakan bahwa proses pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan aneka makanan sudah cukup baik, karena penyelenggara dan tutor telah memberikan, menyampaikan, serta melaksanakan kegiatan dengan efektif dan terstruktur, hasil pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan aneka makanan berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, adapun faktor pendukung dan penghambat pelatihan pembuatan aneka makanan meliputi pembiayaan dana yang sebagian besar kurang menunjang kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan aneka makanan di PKBM Berkah kecamatan menes.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSudadio, Sudadio196204111982011001
Thesis advisorFaturrohman, Nandang195807211986101001
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Apr 2022 05:45
Last Modified: 17 Apr 2022 05:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13014

Actions (login required)

View Item View Item