Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTRENDAARUSSYIFA PANDEGLANG DALAM MENUMBUHKAN ENTREPRENEURSHIPSANTRI

Setiawan, Richfad Cholil (2015) PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTRENDAARUSSYIFA PANDEGLANG DALAM MENUMBUHKAN ENTREPRENEURSHIPSANTRI. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN DAARUSSYIFA PANDEGLANG DALAM MENUMBUHKAN ENTREPRENEUR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1)Untuk mengetahui manajemen pelatihan kewirausahaan bagi santri diPondok Pesantren Daarussyifa Pandeglang, (2)Untuk mengetahui responsantri terhadap pelatihan entrepreneurship di Pondok PesantrenDaarussyifa Pandeglang, (3)Untuk mengetahui faktor penghambat danpendukung dalam pelatihan kewirausahaan di Pondok PesantrenDaarussyifa Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian inimetode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metodepenelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnyatentang pelatihan kewirausahaan di pondok pesantren DaarussyifaPandeglang dalam menumbuhkan entrepreneurship santri. Dalampenelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada dataatau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut: (1)Observasi, (2) Dokumentasi, (3) Wawancara yaitu pengamatan,pencatatan, dan mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadidengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan denganpermasalahan yang dibahas. Teknik pengolahan data dan analisis datadalam penelitian ini diantaranya menyeleksi data, mengklarifikasi data,menganalsis data, dan verifikasi atau kesimpulan. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis penyampaikansimpulan, sebagai berikut: Agar berjalan sesuai yang diharapkan,pelatihan kewirausahaan memerlukan manajemen yang baik. Dan suatumanajemen dikatakan baik jika mempunyai tujuan yang ingin dicapai,adanya pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab. Manajemen yangditerapkan oleh Pondok Pesantren Daarussyifa Pandeglang adalahdengan cara merencanakan, mengontrol dan mengevaluasi. Melaluikewirausahaan ini mereka bisa mengeksplor kemampuan mereka danmemperbaiki sumberdaya manusianya. Dalam hal ini, para santri sangatmerespon baik dengan adanya pelatihan kewirausahaan ini. FaktorPendukung antara lain: Manajemen pengelolaan Pondok PesantrenDaarussyifa yang memberikan peran dominan kepada santri sehinggaterjadi proses belajar kemandirian terhadap santri sekaligus manajemenkepemimpinan yang mampu mengelola setiap kegiatan yang ada, sistemdisiplin yang ketat dalam siklus kegiatan di Pondok PesantrenDaarussyifa ini. Faktor Penghambat : Adapun faktor penghambatpelaksanaan kinerja kewirausahaan di Pondok Pesantren Daarussyifaantara lain:Timbulnya perasaan jenuh atau malas yangkadang-kadangtimbul pada santri dikarenakan masalah pribadi ataupun hal lain disaatbekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031003
Thesis advisorFaturrohman, Nandang195807211986101001
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Apr 2022 00:17
Last Modified: 17 Apr 2022 00:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item