Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN DAERAH DI LKP YETTY KOTA SERANG

PURWATI, TANTI (2015) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN DAERAH DI LKP YETTY KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN DAERAH DI L.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tanti Purwati. Meningkatkan Kemandirian Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Tata Rias Pengantin Daerah Di LKP YETTY Kota Serang. Skripsi. Serang: Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2015. Pemberdayaan perempuan adalah usaha sistematis dan terencana untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dari pemaparan latar belakang di atas, maka diambil beberapa permasalahan secara umum, antara lain : 1) Peserta pelatihan berasal dari warga masyarakat yang kurang mampu dan berpendidikan yang mayoritas rendah akan tetapi peserta tetap semangat dalam mengikuti pelatihan. 2) Pengelola/fasilitator sangat pendukung terhadap pelatihan tata rias pengantin daerah sehingga peserta termotivasi. 3) Lulusan dari program ini sebagian besar mampu mandiri dengan membuka usaha sendiri ataupun bekerja diperusahaan yang cukup maju. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pemberdayaan perempuan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kulitatif, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian yaitu, pengelola, dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pemberdayaan kegiatan pelatihan tata rias pengantin di LKP YETTY sudah cukup baik, dilihat dari bakat dan kemampuan peserta didik dalam menata rias pengantin. 2) Hasil pemberdayaan cukup memuaskan karena peserta didik sudah mampu menguasai tata rias pengantin baik dari teori maupun teknik prakteknya. 3) Dampak pemberdayaan meningkatkan penghasilan dan peluang untuk membuka usaha tata rias pengantin sendiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemandirian pemberdayaan perempuan melalui pelatihan tata rias pengantin daerah di LKP YETTY sudah berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSudadio, Sudadio196503182005012001
Thesis advisorDjumena, Irwan195410081987031001
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Apr 2022 00:06
Last Modified: 17 Apr 2022 00:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/13010

Actions (login required)

View Item View Item