Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI MANAJEMEN HUMAS PT PLN (Persero) DALAM MELAKSANAKAN CSR (Studi Deskriptif Mengenai Pelaksanaan CSR Oleh Humas PT PLN APJ Banten Utara di Kampung Kadu Genep Petir)

Fitri, Ria Mahdia and Mukhroman, Iman and Nesia, Andin (2010) STRATEGI MANAJEMEN HUMAS PT PLN (Persero) DALAM MELAKSANAKAN CSR (Studi Deskriptif Mengenai Pelaksanaan CSR Oleh Humas PT PLN APJ Banten Utara di Kampung Kadu Genep Petir). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi KOM)
SKRIPSI RIA MAHDIA FITRI.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ria Mahdia Fitri. 061638. Strategi Manajemen Humas PT PLN (Persero) Dalam Melaksanakan CSR (Studi Deskriptif Mengenai Pelaksanaan CSR di PT PLN (Persero) APJ Banten Utara. CSR sebagai sebuah tanggung jawab sosial perusahaan, yang berhubungan dengan publik eksternal (masysarakat), membutuhkan strategi manajemen yang baik dalam pelaksanaannya. Agar, program/ kegiatan yang dilaksanakan dapat menguntungkan bagi perusahaan maupun masyarakat. Sehingga tercipta saling pengertian dan rasa saling memiliki (kepedulian) antara perusahaan dengan masyarakat. Namun selama ini masih banyak masyarakat yang kurang mendukung pada program yang dijalankan, serta kepedulian masyarakat terhadap perusahaan pun masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen Humas PT PLN (Persero) dalam melaksanakan CSR, melalui prose fact finding, planning, communicating, dan evaluating. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan terdiri dari 5 orang, yaitu pihak internal dan eksternal. Informan kunci dari pihak internal (Humas) yaitu 2 orang, dan informan penunjang dari pihak eksternal (masyarakat) 3 orang. Adapun landasan teori yang digunakan adalah teori strategi manajemen. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa: 1. Proses fact fiinding : mengevaluasi dan menyeleksi data atau fakta dengan terjun langsung ke lapangan, serta berkoordinasi dengan instansi terkait. 2. Proses planning : penandatanganan oleh pihak yang disurvei, evaluasi data, dikuatkan dengan pernyataan dari desa, survey lapangan, sharing informasi, dokumentasi, pengisian formulir, lalu membuat pengajuan proposal ke pusat. 3. Proses communicating: sosialisasi terpadu kepada masyarakat, aparat desa, opinion leader, dan kelompok kegiatan masyarakat dengan berkomunikasi langsung secara antar pribadi maupun kelompok. Dan dalam pelaksanaannya Humas biasanya melakukan kerja tim atau kerjasama lintas instansi. 4. Proses evaluating : Humas melakukan pemantauan secara teratur ke lapangan tempat dilaksanakan CSR, dan memantau laporan administrasi setoran bagi program kemitraan. Kesimpulan yang didapat adalah strategi manajemen yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh Humas PT PLN (Persero) berjalan dengan baik, cukup efektif dan efisien. Hal tersebut terbukti dengan semakin meningkatnya animo masyarakat terhadap program CSR, serta adanya perubahan sikap masyarakat yang menjadi lebih perduli terhadap asset/ instalasi PT PLN.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Ria Mahdia Fitri. 061638. Strategic Management of Public Relations of PT PLN (Persero) In Implementing CSR (Descriptive Study Concerning the Implementation of CSR in PT PLN (Persero) APJ Banten Utara . CSR as a corporate social responsibility, which is associated with the external public (community),requires good management strategy in its implementation. The purpose is to, programs and activities carried out can be profitable for the company and the community. So as to create mutual understanding and a sense of mutual belonging (awareness) between companies and society. But so far there are still many people who are less supportive of the programs, as well as public awareness of the company was still low. The purpose of this study was to determine management strategies of Public Relations PT PLN (Persero) in implementing the CSR, through the process is fact finding, planning, Communicating, and evaluating. The method used is descriptive method by using a qualitative approach. While the data collection method is to use interviews, observation and documentation. Informants consisted of five persons, namely internal and external parties. Key informants from the internal side (PR) are two men, and informants support from external parties (the public) three people. The theoretical basis used is the theory of management strategies. From research result can be known that: 1. Fact Finding process: evaluating and selecting the incoming data or facts, with a jump directly to the field, as well as coordinate with relevant agencies. 2. Planning process: the signing by the parties surveyed, evaluation of data, reinforced with a statement from the village, field surveys, sharing of information, documentation, form filling, and then make proposals to the center. 3. Communicating process: an integrated socialization to the community, village officials, opinion leaders, and group activities in the community by communicating directly between individuals or groups. And in practice typically do PR work teams or cooperation across agencies. 4. The process of evaluating: PR doing monitoring regularly to the field where CSR implemented, and monitor the administration of deposit statements for the partnership program. The conclusion is that management strategies have been planned and implemented by the Public Relations of PT PLN (Persero) runs well, quite effectively and efficiently. This is evidenced by the increasing public interest on CSR programs, and a change in public attitudes are becoming more concerned of the asset / installation of PT PLN.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 14 Jan 2013 04:06
Last Modified: 15 May 2013 03:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item