Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLIKASI PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP HANTARAN PENGANTIN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN MANDIRI WARGA BELAJAR

Dewi, Irma Purnama (2015) IMPLIKASI PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP HANTARAN PENGANTIN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN MANDIRI WARGA BELAJAR. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IMPLIKASI PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP HANTARAN PENGANTIN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAH.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah implikasi pelatihan kecakapan hidup hantaran pengantin untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan warga belajar di LKP Juwita Rangkas bitung. Untuk itu kegiatan pelaksanaan penelitian ini mengkaji masalah (1) Implikasi pelatihaan hantaran pengantin dalam meningkatkan kesejahtraan keluarga di LKP Juwita Rangkasbitung ? (2) Pelatihan kecakapan hidup hantaran pengantin dapat meningkatkan kompetensi kewirausahaan warga belajar di LKP Juwita Rangkasbitung ? (3) Faktor pendukung dan penghambat yang ditemui dalam mengikuti pelatihan hantaran pengantin di LKP Juwita Rangkasbitung ? Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Sumber data penelitian yaitu pengelola LKP Juwita dan lima orang warga belajar pelatihan hantaran yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan 1) Implikasi pelatihan hantaran pengantin dalam meningkatkan kesejahtraan keluarga yang pertama yaitu : Dapat meningkatkan lapangan pekerjaan, warga belajar mampu mendirikan usaha baik sendiri maupun bekerja di perusahaan orang lain. Yang kedua meningkatnya pendapatan setelah mengikuti pelatihan, pendapatan warga belajar meningkat dan cukup untuk membantu kebutuhan keluarga sehari-hari. Yang ketiga, dapat mensejahtrakan keluarganya. 2). Pelatihan kecakapan hidup hantaran pengantin dapat meningkatkan kompetensi kewirausahaan : Warga belajar mampu mengetahui bisnis hantaran yang di jalankan, mereka paham pengetahuan apa saja yang mereka dapatkan selama pelatihan hantaran. Mampu merancang usaha yang sedang dijalankan dari mulai pengorganisasian, administrasi, dan membukukan kegiatan-kegiatan usahanya. Untuk menarik pelanggan mereka mengadakan promosi atau potongan harga. Mampu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik. Dan mampu bersaing secara sehat dan baik.3) Faktor pendukung dan penghambat yang ditemui selama pelatihan. Faktor pendukung : warga belajar sangat antusias, instuktur yang berkompeten dalam memberikan pembelajaran dan mampu memotivasi warga belajar. Sarana dan prasarana lengkap biaya yang terjangkau. Faktor penghambat : Jumlah instuktur yang sedikit, sarana dan prasarana yang terbatas tidak sesuai jumlah warga belajar, tidak adanya dana dari pemerintah, waktu belajar tidak konsisten, dan dari faktor usia sebagian warga belajar mengalami masalahdari segi daya ingat dan penglihatan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSudadio, Sudadio196204111982011001
Thesis advisorWahyudin, Ii196705011990011005
Uncontrolled Keywords: Implikasi Pelatihan kecakapan hidup hantaran pengaantin
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Apr 2022 21:50
Last Modified: 16 Apr 2022 21:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12999

Actions (login required)

View Item View Item