Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

OPTIMASI SISTEM SANDAR KAPAL MENGGUNAKAN SIMULASI SISTEM DI DERMAGA I PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG MERAK

TOPANI, MANUHARA BRAMANDIPO (2015) OPTIMASI SISTEM SANDAR KAPAL MENGGUNAKAN SIMULASI SISTEM DI DERMAGA I PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG MERAK. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
FILE 2. OPTIMASI SISTEM SANDAR KAPAL MENGGUNAKAN SIMULASI SISTEM DI DERMAGA I PT. ASDP INDONESIA .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) of Merak is a transportation services company and the management of the harbor crossing passengers, vehicles and goods. PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) of Merak is a port that connects the islands of Java and Sumatra. Port services company like this always put customer satisfaction so that PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) of Merak has a target that each pier should be able to serve ships docked 24 times or number of trips each dock as many as 24 trips. However, these targets can not be achieved with well proven on the 1st of January 2015 the number of trips on the dock I just reached 22 trips. So purpose of the researchers to optimize the berthing time, determining the optimum time and make the improvements proposed in order to achieve the target. Based on the previous studies, researchers will use the simulation system as a method to solve this problem. Simulations carried out with the help of software ARENA 14. Based on the results of the simulation system obtained the optimal time is 61 minutes away by improving the standards for speed to be at least 12 knots, for large vessels to 8000 GRT, high entrance of the vessel to a minimum of 8 meters and STC as the party which regulates vessel traffic must be firm and can regulate marine traffic well. So with these improvements PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) of Merak can reach the planned target.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEkawati, RatnaUNSPECIFIED
Thesis advisorTrenggonowati, Dyah LintangUNSPECIFIED
Additional Information: PT. ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Merak adalah perusahaan jasa angkut penyebrangan dan pengelolaan pelabuhan penyebrangan untuk penumpang, kendaraan dan barang. PT. ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Merak merupakan pelabuhan yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatra. Perusahaan penyedia jasa pelabuhan seperti ini selalu mengutamakan kepuasan pelanggan sehingga PT. ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang Merak memiliki target yaitu setiap dermaga harus mampu melayani kapal sandar sebanyak 24 kali atau jumlah trip disetiap dermaga sebanyak 24 trip. Akan tetapi target tersebut belum bisa di capai dengan baik terbukti pada tanggal 1 januari 2015 jumlah trip di dermaga I hanya mencapai 22 trip. Sehingga peneliti bertujuan untuk mengoptimalkan waktu sandar, menentukan waktu optimal dan membuat usulan perbaikan guna mencapai target. Berdasarkan dengan penelitian sebelumnya peneliti akan menggunakan simulasi sistem sebagai metode untuk memecahkan masalah ini. Simulasi dilakukan dengan bantuan software ARENA 14. Berdasarkan hasil dari simulasi sistem didapatkan waktu optimal adalah 62 menit dengan melakukan perbaikan membuat standar untuk kecepatan menjadi minimal 12 knot, untuk besar kapal menjadi 8000 GRT, tinggi pintu masuk kapal menjadi minimal 8 meter dan STC selaku pihak yang mengatur lalu lintas kapal harus bersikap tegas dan dapat mengatur lalu lintas laut dengan baik. Sehingga dengan usualan perbaikan tersebut PT. ASDP Indonesia Ferry (persero) cabang merak dapat mencapai target yang direncanakan
Uncontrolled Keywords: Optimization, Simulation With ARENA, and Port Optimisasi, Simulasi ARENA dan Pelabuhan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Apr 2022 09:51
Last Modified: 16 Apr 2022 09:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12991

Actions (login required)

View Item View Item