SARI DEWI, WULAN (2015) IMPLEMENTASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BAROKAH KECAMATAN CIWANDAN KOTA CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
FILE 2. IMPLEMENTASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PK.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
WULAN SARI DEWI (2221110219), IMPLEMENTASI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BAROKAH KECAMATAN CIWANDAN KOTA CILEGON. PEMBIMBING I PROF. DR. H. SHOLEH HIDAYAT, M.PD. PEMBIMBING II DRS. MOCHAMAD NAIM, M.SI Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) di PKBM Barokah? (2) Apakah faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) di PKBM Barokah? (3) Bagaimana dampak implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada PKBM Barokah? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) di PKBM Barokah. (2) Faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) di PKBM Barokah. (3) Dampak implementasi Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada PKBM Barokah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 11 responden yang terdiri dari dua orang pengelola dan sembilan orang tutor. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sebanyak 22 kriteria pada pada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) telah diimplementasikan pada program kesetaraan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di PKBM Barokah. (2) Faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat implementasi standar nasional pendidikan adalah kualifikasi akademik, kompetensi, dan pengalaman yang dimiliki oleh pendidik dan tenaga kependidikan, peran pemerintah, dan lokasi PKBM. (3) Dampak dari implementasi Standar Nasional Pendidikan adalah meningkatnya kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, terpenuhinya sarana dan prasarana, meningkatnya mutu dan kualitas pendidikan , serta partisipasi masyarakat di PKBM Barokah
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Standar Nasional Pendidikan | |||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2022 09:47 | |||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2022 09:47 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12990 |
Actions (login required)
View Item |