Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM KESETARAAN PAKET B DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) CIPOCOK JAYA KOTA SERANG

EKA SARI, RETNO (2015) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM KESETARAAN PAKET B DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) CIPOCOK JAYA KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM KESETARAAN PAKET B DI UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) CIPOCOK.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui (1) Efektivitas program kesetaraan paket B di SKB Kota Serang (2) Pengelolaan program kesetaraan paket B di SKB Kota Serang (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dari efektivitas pengelolaan program kesetaraan paket B di SKB Kota Serang. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang efektivitas pengelolaan program kesetaraan paket B. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkan pada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut : (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi, pencatatan, dan mengumpulkan data-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapaun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya menyeleksi data, menganalisis data, dan veriikasi. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis menyampaikan simpulan, sebagai berikut : (1) Efektivitas program kesetaraan paket B di SKB Kota Serang kurang efektif dilaksanakan dengan kurangnya antusias para warga belajar paket B hal ini berdasarkan jawaban wawancara pada pelaku kegiatan (2) Pengelolaan program kesetaraan paket B di SKB Kota Serang yang dirancang untuk program kesetaraan paket B yang terdiri dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas pengelolaan program kesetaraan paket B di SKB Kota Serang guna mengetahui hal-hal pendukung dan penghambat yang terjadi dalam proses program kesetaraan paket B. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi merupakan bagian dari pengelolaan program kesetaraan paket B di SKB Kota Serang dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan pada program yang selanjutnya agar menjadi lebih baik dari program sebelumnya. Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang benar akan menghasilkan keluaran yang baik serta bermanfaat bagi para pelaku dalam meningkatkan kecakapan hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031003
Thesis advisorSuherman, Suherman195909151980031003
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Apr 2022 09:07
Last Modified: 16 Apr 2022 09:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12983

Actions (login required)

View Item View Item