Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DAMPAK BIMBINGAN BELAJAR OMEGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA NEGERI 2 KRAKATAU STEEL

SEPTIANI, WILLY RIZKY (2015) DAMPAK BIMBINGAN BELAJAR OMEGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA NEGERI 2 KRAKATAU STEEL. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
DAMPAK BIMBINGAN BELAJAR OMEGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA NEGE.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Faktor apa saja yang mendrong peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Krakatau Steel mengikuti bimbingan belajar OMEGA (2) Bagaimana metode belajar yang digunakan bimbingan belajar OMEGA guna meningkatkan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Krakatau Steel (3) Bagaimana dampak bimbingan belajar terhadap hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Krakatau Steel. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui faktor pendorong peserta didik mengikuti bimbingan belajar, (2) Untuk mengetahui metode belajar yang digunakan pada bimbingan belajar OMEGA guna meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Krakatau Steel, (3) Untuk mengetahui dampak bimbingan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Matematika pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Krakatau Steel. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan subyek penelitian yakni tentor Matematika bimbingan belajar OMEGA, guru Matematika kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Krakatau Steel, dan peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Krakatau Steel yang mengikuti bimbingan beajar di OMEGA. Teknik pengolahan data yakni tahap orientasi, tahap eksplorasi, tahap member check. Teknik analasis data yakni tahap reduksi, display data, kesimpulan, verifikasi, dan validitas data. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian dampak bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Krakatau Steel terdapat 2 faktor pendorong peserta didik mengikuti bimbingan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu ingin mendapakan nilai yang baik. Faktor eksternal yaitu lingkungan teman. Manfaat yang dirasakan peserta didik setelah mengikuti bimbingan belajar adalah menjadi lebih memahami materi yang diberikan dan hambatan yang dirasakan peserta didik adalah jarak yang jauh dari rumah. Dalam bimbingan belajar tentor menggunakan strategi pembelajaran interaktif. Untuk pendekatan dalam bimbingan belajar tentor menggunakan pendekatan ekspositorik. Dalam proses pembelajaran di bimbingan belajar OMEGA metode yang digunakan oleh tentor adalah dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan latihan. Dampak bimbingan belajar OMEGA terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA 2 Krakatau Steel dilihat dari ranah kognitif adalah dapat dengan cepat menghafal dan memahami rumus. Dari ranah afektif peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar selalu memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi di dalam kelas. Dan dari ranah psikomotiris didik peserta aktif bertanya baik di dalam kelas, maupun di luar kelas, membuat grafik atau diagram dengan akurat. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang mengikuti bimbingan berdampak pada hasil belajar yang meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, Irwan195410081987031001
Thesis advisorArdie, Romli195612981984031002
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar, metode belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Apr 2022 08:27
Last Modified: 16 Apr 2022 08:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12977

Actions (login required)

View Item View Item