Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NURUL FIKRI SERANG DALAM MENDAPATKAN SISWA

PERMANA, AGUNG (2015) STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NURUL FIKRI SERANG DALAM MENDAPATKAN SISWA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
cover s.d lampiran (STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NURUL FIKRI SERANG DALAM MENDAPATKAN SI~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tutoring agency is a non-formal means, which have long existed and survived until today in the world of education. Without students who use their services in a tutoring agency, then tutoring agency can not survive and operational every day. Especially the tutoring agency Nurul Fikri Serang. The research objective was partly to determine the marketing strategy used public relations tutoring agencies Nurul Fikri Serang in getting the students. This study used a qualitative approach with descriptive methods using several steps, namely: data collection, data preparation, data presentation, and conclusion. The Research Concluded that in obtaining student tutoring agencies Nurul Fikri Three Ways Strategy using the pull strategy with Product Publicity, to make students interested in using the services of tutoring at Nurul Fikri, push strategy with special event, trade support, and sponsorship to encourage a sense of interest into a desire to follow the learning process. Finally, pass strategy with public service to create a positive public opinion of the community, including students and parents. This study found that tutoring agencies Nurul Fikri Serang using a pull strategy by sending a company profile to those who want to work together as schools, and brochures to prospective students, and then push strategy to provide the advantages and the concept of learning is on tutoring Nurul Fikri it. And pass strategy to make public opinion with the services, facilities and give her Islamic pendoman to their students.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWinangsih, Rahmi196810192005012001
Thesis advisorPrasetya, Teguh Iman196810152005011001
Additional Information: Lembaga bimbingan belajar merupakan sarana non formal yang sudah cukup lama eksis dan bertahan hingga saat ini di dunia pendidikan. Tanpa siswa yang menggunakan jasa mereka di lembaga bimbingan belajar, maka lembaga bimbingan belajar tidak dapat bertahan dan beroperasional setiap harinya. Khususnva pada lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri Kota Serang. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui strategi marketing public relations yang digunakan lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri Serang dalam mendapatkan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mendapatkan siswa lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri menggunakan Three Ways Strategy yakni pull strategy, dengan Product Publicity untuk membuat siswa tertarik menggunakan jasa bimbingan belajar di Nurul Fikri, push strategy dengan adanya special event, trade support, dan sponsorship untuk mendorong rasa ketertarikan tersebut menjadi keinginan untuk mengikuti proses belajarnya. Terakhir, adalah pass strategy dengan public service untuk menciptakan opini publik yang positif dari masyarakat termasuk siswa dan orang tua. Penelitian ini menemukan bahwa lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri Kota Serang menggunakan pull strategy dengan cara mengirimkan company profile kepada pihak yang ingin bekerja sama seperti sekolah-sekolah, dan brosur kepada calon siswanya, kemudian push strategy dengan memberikan kelebihan dan konsep belajar yang ada pada bimbingan belajar Nurul Fikri tersebut. Dan pass strategy membuat opini publik dengan pelayanan, fasilitas dan memberikan pendoman islaminya kepada siswa-siswanya.
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, Students Nurul Fikri, three ways strategy Marketing Public Relations, Siswa Nurul Fikri, three ways strategy
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Apr 2022 08:17
Last Modified: 16 Apr 2022 08:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12975

Actions (login required)

View Item View Item