Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGATURAN POLA PARKIR DAN KEBUTUHAN PARKIR PADA PELABUHAN MERAK BANTEN

Minarni, Rafqi (2015) ANALISIS PENGATURAN POLA PARKIR DAN KEBUTUHAN PARKIR PADA PELABUHAN MERAK BANTEN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Analisis Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking ~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

RAFQI MINARNI (2225110860), Analisis Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Melalui Penerapan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, 2015. Kemampuan penalaran matematik adalah proses berpikir logis yang dilakukan untuk membuktikan, menghubungkan, ataupun melihat pola dalam suatu kebenaran pengetahuan yang telah dipahami. Rigorous Mathematichal Thinking (RMT) adalah pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematik karena proses mediasi dimaksudkan untuk membangun dan memunculkan pemahaman dan pengertian dengan pemanfaatan dan pemaduan operasi mental yang dimilikinya. Terdapat keberagaman siswa yang penting untuk diperhatikan oleh guru, diantaranya adalah kemampuan awal matematis (KAM) dan gaya belajar matematis (GBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa ditinjau dari KAM dan GBM siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan phenomenography dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMP Negeri 3 Cikupa. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini didapatkan bahwa, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematik ditinjau dari KAM dan GBM. Peningkatan subjek KAM tinggi dan subjek KAM sedang mencapai klasifikasi sedang, sedangkan subjek KAM rendah hanya mencapai klasifikasi rendah. Jika ditinjau dari GBM, peningkatan subjek GBM Mastery Learning (ML) dan GBM Self-expressive Learning (SL) mencapai klasifikasi sedang, sedangkan GBM Interpersonal Learning (IL) dan GBM Understanding Learning (UL) hanya mencapai klasifikasi rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendrayana, Aan197503232003121001
Thesis advisorMarethi, Indiana197903312005012001
Uncontrolled Keywords: Penalaran, RMT, KAM, GBM
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Apr 2022 07:45
Last Modified: 16 Apr 2022 07:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item View Item