Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PEMASARAN KEDELAI (Glysine max) ( Suatu Kasus di Koperasi Berkah Amanah Sejahtera Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang Provinsi Banten )

HASANAH, HOMSATUL (2015) STRATEGI PEMASARAN KEDELAI (Glysine max) ( Suatu Kasus di Koperasi Berkah Amanah Sejahtera Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang Provinsi Banten ). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. STRATEGI PEMASARAN KEDELAI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berkah Amanah Sejahtera Cooperation is a soya bean supplier cooperation located in Cipondoh District Tangerang City. The cooperation has 75 members, while some of them do not buy soya bean in that cooperation, others who are non-members buy it. For that reason, the volume of soya bean marketing has been fluctuating. The purpose of this study is for reviewing the factors that influence the marketing system and to analyze the alternatve of the exact marketing strategies for running a soya bean business in Berkah Amanah Sejahtera Cooperation. This study method is using a descriptive approach. The data processing techniques in this study using IFAS matrix, EFAS matrix, IE matrix and SWOT analysis. The main results of this study showed 2,502 by using IFAS matrix and 2,857from EFAS matrix score, the conclusion of this study that can be described was the Berkah Amanah Sejahtera Cooperation position on IE matrix showed in V quadrant or “Hold and Maintain” following by alternative strategies are : maintaining the best quality of the soya bean, take an advantage by using a strategy location for running a soya bean business.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherna, Suherna19690819200121001
Thesis advisorWibowo, Aris Supriyo196307272006041001
Additional Information: HOMSATUL HASANAH. Strategi Pemasaran Kacang Kedelai (Suatu Kasus di Koperasi “Berkah Amanah Sejahtera” Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten). Di bimbing oleh Suherna dan Aris Supriyo Wibowo. Koperasi merupakan salah satu wadah ekonomi yang tumbuh dan berkembang dikalangan masyarakat sebagai pendorong tumbuhnya perekonomian nasional sekaligus sebagai soko guru dalam perekonomian di Indonesia yang berasaskan kekeluargan. Salah satu koperasi yang cukup prospektif dan mampu berkembang di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang Provinsi Banten salah satunya yaitu Koperasi kedelai “Berkah Amanah Sejahtera” . Tujuan daripenelitian ini adalah Untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran kacang kedelai di Koperasi “Berkah Amanah Sejahtera”. Untuk menganalisis alternatif strategi pemasaran apakah yang sesuai dan tepat bagi usaha kedelai di Koperasi “Berkah Amanah Sejahtera”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Suatu Kasus, dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Koperasi Berkah Amanah Sejahtera merupakan koperasi yang ada di Kecamatan Cipondoh yang berfungsi sebagai pemasok kedelai bagi para pengusaha tahu dan tempe. Jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS, matrikks IE dan Analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai bobot matrik IFAS sebesar 2,502 dan matriks EFE sebesar 2,857 dan diperoleh gambaran mengenai posisi koperasi dalam matriks IE, Koperasi “Berkah Amanah Sejahtera” berada pada kuadran V yaitu “Hold dan Maintain” dengan alternatif Penetrasi Pasar dan Pengembangan Produk. Berdasarkan analisis SWOT alternatif strategi yang diperoleh sebagai berikut : (1) Mempertahankan kualitas terbaik dari kedelai (2) Memanfaatkan lokasi strategis untuk kegiatan usaha (3)
Uncontrolled Keywords: Marketing Strategy, Soybean, “Berkah Amanah Sejahtera” cooperation
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Apr 2022 14:16
Last Modified: 15 Apr 2022 14:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12950

Actions (login required)

View Item View Item