Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EKSTRAKSI SAPONIN SEBAGAI BAHAN DETERJEN ALAMI DARI Sapindus rarak (Buah Lerak ) DENGAN METODE SOKLETASI

Wirahayu, Ika and Cahyadi, Deri (2014) EKSTRAKSI SAPONIN SEBAGAI BAHAN DETERJEN ALAMI DARI Sapindus rarak (Buah Lerak ) DENGAN METODE SOKLETASI. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. EKSTRAKSI SAPONIN SEBAGAI BAHAN DETERJEN ALAMI DARI Sapindus rarak (Buah Lerak ) DENGAN METODE SOKLETASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Detergen ataupun sabun saat ini banyak yang terbuat dari bahan kimia seperti LAS (Linier Alkyl Benzene Sulfonate). Zat aktif yang terdapat pada deterjen sulit terdegradasi. Busa yang dihasilkan dari deterjen ataupun sabun sulit terlarut dalam air sehingga menghalangi oksigen untuk masuk kedalam air. Hal ini menyebabkan biota air akan kekurangan oksigen dan akan mati. Sehingga diperlukan alternatif untuk menggantikan bahan kimia tersebut dengan bahan alam yang ramah lingkungan untuk dijadikan bahan baku detergen. Namun saat ini masyarakat menggunakan buah lerak untuk hanya dengan cara tradisional yaitu dengan dipotong ataupun direndam dalam air panas. Sehingga saponin yang tedapat dalam buah lerak belum termanfaatkan secara maksimal. Maka diperlukan cara yang tepat untuk mengekstrak saponin dalam buah lerak sehingga saponin yang terdapat dalam lerak dapat diekstrak lebih maksimal. Dengan mengekstrak buah lerak dengan sokletasi diharapkan dapat menghasilkan saponin yang lebih maksimal. Pada penelitian ini terdiri dari 2 tahap yang pertama adalah tahap ekstraksi dimana buah lerak yang telah kering ditumbuk diekstraksi dengan menggunakan pelarut metanol, etanol dan n-hexane selama 2 jam, 3 jam dan 4 jam. Hasil ekstraksi kemudian dipisahkan dari pelarut dengan destilasi sederhana. Kemudian residu di analisa dengan KLT(Kromatografi Lapis Tipis), uji pembusaan dan uji pengangkatan noda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil pelarut Kondisi optimum dalam ekstraksi lerak yang diperoleh adalah dengan menggunakan pelarut methanol selama 4 jam dan perbandingan massa lerak dengan pelarut 1 : 16. Ekstrak lerak dapat digunakan sebagai detergen yang dapat mengangkat noda seperti produk detergen yang beredar dipasaran. Ekstrak lerak yang diperoleh dengan cara sokhletasi lebih pekat dibandingkan dengan cara ditumbuk. Ekstrak lerak mengandung senyawa saponin triterpen.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErnawati, Widya197910132009122001
Thesis advisorYulvianti, Meri19707032010122002
Uncontrolled Keywords: Saponin, Ekstrak, Buah Lerak, KLT
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 24201-Jurusan Teknik Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Apr 2022 05:53
Last Modified: 15 Apr 2022 05:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12933

Actions (login required)

View Item View Item