Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SD (PTK dilakukan di kelas V SDN Pekalongan 1 Kecamatan Citangkil Kota Cilegon)

RENI SULFIAH, RENI (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP ALAT PERNAPASAN MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SD (PTK dilakukan di kelas V SDN Pekalongan 1 Kecamatan Citangkil Kota Cilegon). S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada konsep alat pernapasan manusia dan hewan kelas V SDN Pekalongan 1 Cilegon, dan mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada konsep alat pernapasan manusia dan hewan kelas V SDN Pekalongan 1 Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilatar belakangi atas dasar rendahnya nilai IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan atas 2 siklus/putaran. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan tes tertulis berupa soal pilihan ganda. Siswa belajar dalam dua kelompok yaitu kelompok tim asal dan kelompok tim ahli. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa pada konsep alat pernapasan manusia dan hewan meningkat dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu mencapai 68,57 dengan presentase ketuntasan 65,71%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 85,42 dengan presentase ketuntasan 94,28%. Aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat baik dengan rata-rata presentase sebesar 90% . Kata kunci : PTK, kooperatif, Jigsaw, alat pernapasan, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorhendracipta, nana197901092005011002
Thesis advisornulhakim, lukman197904092007101001
Uncontrolled Keywords: PTK, kooperatif, Jigsaw, alat pernapasan, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 15:09
Last Modified: 14 Apr 2022 15:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item View Item