Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Strategi Media Relations Humas Pemerintah Provinsi Banten (Studi Deskriptif Pada Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Banten)

Maulana, Reynaldi and Winangsih, Rahmi and Yuliana, Nina (2010) Strategi Media Relations Humas Pemerintah Provinsi Banten (Studi Deskriptif Pada Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Banten). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi KOM B)
Skripsi KOM REYNALDI MAULANA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Reynaldi Maulana. NIM: 051121. Strategi Media Relations Humas Pemerintah Provinsi Banten Dewasa ini, divisi Humas dianggap sebagai suatu kebutuhan yang mesti ada dalam sebuah perusahaan/organisasi guna membangun hubungan dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan (stakeholder). Pemerintah Provinsi Banten menyadari bahwa menjamurnya berbagai media massa dan derasnya arus informasi yang menerpa masyarakat belum merupakan jaminan akan pencerahan kepada masyarakat. Oleh karena itu, humas bagi pemerintah provinsi Banten menjadi sangat penting dan strategis, terutama dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi pembangunan dan juga untuk pembentukan citra pemerintah provinsi Banten. Salah satu strategi humas dalam membentuk citra adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan media yang dikenal dalam istilah kehumasan sebagai Media Relations. Media relations merupakan salah satu program humas untuk membangun hubungan dan komunikasi dengan publik. Peranan media sangat berpengaruh dalam pembentukan citra Pemerintah Provinsi Banten yang baik di mata masyarakat, karena produk dari media berupa berita dikonsumsi langsung oleh masyarakat. Dalam melakukan Media Relations, Humas Pemerintah Provinsi Banten melakukannya melalui strategi Media Relations, yaitu: Menjalin relasi, mengembangkan strategi, dan mengembangkan jaringan. Penelitian ini menggunakan motode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dan data didapat dari hasil wawancara dengan teknik purposive sampling dengan 1 orang key informan dari Humas Pemerintah Provinsi Banten dan 1 orang informan pendukung dari pihak media yang diwakili oleh wartawan harian Banten Raya Post. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di lapangan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Humas Pemerintah Provinsi Banten Dalam mengelola relasi dengan media massa, melakukannya dengan memberikan informasi, memberikan fasilitas press room, membangun hubungan informal dengan wartawan, dan membuat buku saku yang didalamnya terdapat daftar media dan daftar petugas kehumasan pada tiap-tiap SKPD. Humas telah mengembangkan strategi dengan cara menggunakan berbagai macam media yaitu media cetak, media elektronik dan internet. Selain itu humas juga selalu membangun dan memelihara kontak dengan media dengan cara melakukan pertemuan dengan media, memberikan fasilitas kepada media, melakukan kerjasama dan juga memberikan informasi yang merata pada semua media. Humas juga mengembangkan jaringan. Dalam mengembangkan jaringan, humas melakukannya dengan organisasi kehumasan, Bakohumas dan juga organisasi kewartawanan, PWI dan Pokja wartawan di lingkungan Setda Pemerintah Provinsi Banten. Dengan melakukan hubungan tersebut, humas bisa mendapatkan informasi yang terbaru mengenai kehumasan dan juga mengenai media yang selalu berkembang di Provinsi Banten.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT: Reynaldi Maulana. NIM: 051121. The Media Relations Strategy of Banten’s Local Government Public Relations Division Nowadays, the public relations division has become an eminent necessity in a company or an organization in order to build a better connection with the society and the stakeholders. The Banten’s local government had realized the urging growth of mass media and information’s flow may not provide the best information. Therefore, the public division in Banten’s local government would be a prominent and strategic body, especially to fulfill the society needs of reliable information and shaping the clear image of local government. One of way to create this image is to develop a good relation with the media itself, or what’s known with the Media Relations strategy. It was one of the programs to develop relations and communication with the public. The media was playing an important role creating good image, because the product can be easily accepted by the society. The strategy includes the relationship bonding, and also the strategy and network advances. This research was using the descriptive method through qualitative steps. The data was collected from interview session using purposive sampling technique with 1 key informant from the local government’s public relations division and 1 supporting informant from Banten Raya Post’s daily reporter. Based on the research, the writer can conclude that the local government public relations division in creating partnership with the mass media had provided them with accurate information, a press room facility, creates an informal relationship with the reporters and creates a guide book that listed the media partner and the public relations officer on every SKPD. They had enhancing their strategy on using every mass media provided. They also attempts to build and keep their contacts in a form of meeting, facilitating, partnering, and informing. In building their networking, they joining the public relations organization like Bakohumas and other journalistic organization. By doing this, they can get the latest information about public relation and about the growing media in Banten.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 14 Jan 2013 03:59
Last Modified: 15 May 2013 02:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item