Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PEMASARAN KERIPIK TEMPE (Studi Kasus di Industri Rumah Tangga “Palem Sari” Kabupaten Serang Provinsi Banten)

HIDAYAT, IRFAN (2014) STRATEGI PEMASARAN KERIPIK TEMPE (Studi Kasus di Industri Rumah Tangga “Palem Sari” Kabupaten Serang Provinsi Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN KERIPIK TEMPE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis alternatif strategi pemasaran keripik tempe produksi industri rumah tangga Palem Sari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Industri rumah tangga Palem Sari saat ini berada dalam posisi sel V, yaitu Hold and Maintain (pertahankan dan pelihara). Strategi pemasaran keripik tempe yang dapat dipakai oleh industri rumah tangga Palem Sari adalah dengan melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi penetrasi pasar dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan pameran untuk mengenalkan produk Palem Sari, meningkatkan kegiatan promosi dengan cara memanfaatkan media cetak maupun elektronik, internet, belanja elektronik (online shopping), promosi penjualan, potongan harga, pemasangan spanduk, membuka daerah pemasaran baru / agen penyalur. Sedangkan alternatif strategi dengan pengembangan produk diantaranya dengan cara menjaga harga jual produk keripik tempe tidak jauh berbeda dengan produk sejenis, meningkatkan volume produksi keripik tempe, membuat varian produk, meningkatkan kinerja karyawan khususnya bagian distribusi produk, melakukan pemadatan tugas karyawan, mengelola gerai penjualan dengan penataan display varian produk Palem Sari, mempertahankan agen penyalur yang telah ada dan lain-lain strategi yang dapat dilakukan oleh industri rumah tangga Palem Sari dalam pengembangan usaha dan pemasaran produk keripik tempe

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiawan, Johan196802122002121001
Thesis advisorBukhori, Ahmad197103092005011003
Additional Information: This Research purpose is to analyse the strategy alternative marketing of keripik tempe home industry Palem Sari. Research method the used is case study method. Technique data collecting done by interview and quesioner. Data analysis done by using analysis SWOT. Result of this research is known that home industry Palem Sari in this time stay in the cell position V, that is Hold and Maintain (maintain and look after). Strategy marketing of keripik tempe able to be weared by home industry Palem Sari is by doing market penetration and product development. Strategy alternative of market penetration can be done by exploiting the exhibition to defin the product Palem Sari, improve activity of promotion by exploiting the media print and electronic, internet, online shopping, sales promotion, discount, installation of banner, open the new marketing area or dealer agent. Is while strategy alternative with product development between its by taking care of the price sell the flaky product tempe don't far differ from the product of a kind, improve the volume produce the flaky tempe, make the product variant, improve the employees performance specially part of product distribution, do condensation of employees duty, manage gerai sale with settlement of product variant display Palem Sari, maintain the dealer agent which have is and others strategy able to be done by home industry Palem Sari in development of effort and product marketing of keripik tem
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Keripik Tempe, Palem Sari, Analisis SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 15:03
Last Modified: 25 Aug 2022 09:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item View Item