Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KABUPATEN PANDEGLANG DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) PARIWISATA TANJUNG LESUNG

FATHIAH S, THIA (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KABUPATEN PANDEGLANG DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) PARIWISATA TANJUNG LESUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH KABUPATEN PANDEGLANG DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tanjung Lesung memiliki potensi yang sangat besar pada sektor pariwisata dan dikenal sebagai kawasan pesisir pantai terbaik dan menawarkan beranekaragam wisata, sehingga diperlukan strategi yang tepat guna memanfaatkan potensi tersebut. Melalui peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2012 pada bulan Februari Tanjung Lesung ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di sektor Pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : siapa saja yang menjadi khalayak pemerintah kabupaten pandeglang dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK); kajian tujuanpenyusunan pesan; pemilihan media dalam menyampaikan pesan dari pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data melalui: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) orang yaitu Kepala BP4S, Kepala Subbidang pengembangan usaha dan penanaman modal, dan Fungsional Umum Bidang Ekonomi dan Penanaman Modal. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa yang menjadi khalayak dalam pengembangan KEK merupakan kelompok-kelompok yang menentukan besarnya pengaruh dalam suatu program diantaranya, kelompok yang memberi izin, kelompok pendukung dan kelompok evaluasi. Kajian tujuan penyusunan pesan daengan menggunakan teknik informasi dan persuasi, dalam hal pemilihan media penyampaian pesan dilakukan secara tatap muka dan bermedia melalui radio, website, facebook. Saran dalam penelitian ini yaitu proses analisis khalayak, kajian tujuan penyusunan pesan dan pemilihan media diharapkan pemerintah Kabupaten Pandeglang dapat melihat lebih dalam apa yang menjadi kebutuhan masyarakat secara mayoritas agar semua berjalan sesuai tujuan

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMukrohman, Iman197502022002121002
Thesis advisorRestu, Uliviana198107172006042003
Additional Information: Tanjung Lesung has a huge potential in the tourism sector and the coastal region known as the best and offer a wide variety of tours, so we need the right strategy in order to exploit this potential. Government Regulation No. 26 of 2012 on February Tanjung Lesung designated as Special Economic Zones (SEZ) Tourism sector. This study aims to determine: who are the audience Pandeglang Government in the development of Special Economic Zones (SEZ); assessment purposes of message, media selection in the delivery of the message from the government. The method used is descriptive qualitative data collection techniques through: interviews, observation, and documentation. Who become informants in this study is three (3) members, namely BP4S Head, Head of Business Development subfields and Investment, as well as the General Functional Economy and Investment. From the results of this research note that became public in the development of (SEZ) are groups that determine the magnitude of the effect in such a program, a group that gives permission, support groups, and group evaluation. Study of the preparation of the message destination using the information and persuasion techniques. In terms of the selection state media in the delivery of the message is done face-to-face and mediated through the radio, the web, facebook. Suggestions in this study is the analysis of kh feasible, the study purposes of media messages and election districts expected Pandeglang can look deeper into what the majority of people's needs so that all goes according to destination.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Kawasan Ekonomi Khusus
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 15:03
Last Modified: 25 Aug 2022 08:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12879

Actions (login required)

View Item View Item