Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SWARA ANGKASA MEGAH 98,90 FM PANDEGLANG DALAM MENDAPATKAN IKLAN

REZAFAHLEVI, AGUS (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SWARA ANGKASA MEGAH 98,90 FM PANDEGLANG DALAM MENDAPATKAN IKLAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO SWARA ANGKASA MEGAH 98,90 FM PANDEGLANG DALAM MENDAPATKAN IKLAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Semakin maraknya Radio Swasta terutama pada gelombang FM Stereo menimbulkan banyaknya persaingan terutama dalam pemasangan iklan radio (pengiklan), sebab kelangsungan hidup radio swasta tidak hanya pada hubungan penting pihak radio dan pendengarnya saja, ada satu pihak lain lagi yang merupakan unsur penting bagi radio yakni Marketing. Bahkan dapat dikatakan pula pengiklan adalah nyawa bagi stasiun radio swasta yang berfungsi sebagai pemberi modal bagi berjalannya kegiatan operasional radio tersebut, oleh karena itu dibutuhkan Strategi Kounukasi Pemasaran untuk mendapatkan Iklan. Untuk mencapai tujuan diatas, maka penulis melakukan penelitian dengan melakukan pengamatan langsung (Observasi) dengan melakukan wawancara kepada Manager Siaran, Marketing, dan Bagian Iklan Radio Swara Angkasa Megah 98.90 FM Pandeglang, untuk mendapatkan data dari sumbernya langsung (Data Primer) dan penelitian juga melakukan pengumpulan data secara tidak langsung (Data Sekunder) melalui literature, kepustakaan dan media informasi, kemudian data yang berhasil dikumpulkan disajikan dalam bentuk metode deskriptif kualitatif. Strategi komunikasi pemasaran yang dilaksanakan oleh Radio Swara Angkasa 98,9 FM Pandeglang dijalankan oleh bagian marketing, yang terdiri dari marketing siaran langsung, talkshow dan marketing event untuk meningkatkan pemasang iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran yang diterapkan oleh Radio Swara Angkasa Megah 98.90 FM Pandeglang dalam upaya meningkatkan jumlah pemasang iklan menggunakan Marketing Mix 4P (product, price, placement and promotion) dengan mendapatkan pengiklan melalui advertising, personal selling, sales promotion, direct selling, dan publicity dengan menggunakan konsep AIDDA dalam sistem marketing.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSihabudin, Ahmad196507042005001002
Thesis advisorAhmad, Ikhsan19731222003121001
Additional Information: Especially the rise of Private Radio on FM Stereo raises the number of competition, especially in the radio advertising (advertisers), because the viability of private radio not only on the important relationships and radio listeners, there's another party that is an essential element for the radio Marketing , Even can be said of advertisers is the lifeblood for the private radio station that serves as a conduit of capital for the operation of the radio operations, and therefore required Kounukasi Marketing Strategies to get ads. To achieve the above objectives, the authors conducted research with direct observation (Observation) to do an interview to Manager of Broadcast, Marketing, and Advertising Section 98.90 Magnificent Angkasa Swara Radio FM Pandeglang, to get data from the source (Primary Data) and also conduct research Data collection indirectly (Secondary Data) through literature, literature and media information, then the data collected is presented in the form of qualitative descriptive method. Marketing communication strategy implemented by Angkasa Swara Radio 98.9 FM Pandeglang run by marketing, which consists of marketing live broadcasts, talk shows and marketing events to increase advertiser. The results showed that the Marketing Communication Strategy adopted by Angkasa Swara Radio FM 98.90 Magnificent Pandeglang in an effort to increase the number of advertisers using the Marketing Mix 4P (product, price, placement and promotion) to get advertisers through advertising, personal selling, sales promotion, direct selling, and publicity by using the concept of AIDDA in the marketing system.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Pemasaran, Radio, Iklan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 15:03
Last Modified: 25 Aug 2022 08:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12878

Actions (login required)

View Item View Item