Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

DWI CAHYO, FANDI ARDIAN (2014) STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Strategi Diversifikasi Produk Pisau Pada Industri Kreatif dengan Pendekatan QFD.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Diversifikasi produk merupakan strategi yang dilakukan pihak perusahaan dalam usaha mengembangkan dan memperbaiki kualitas produknya serta untuk meningkatkan nilai ekonomi suatu produk. Diversifikasi produk yang dilakukan oleh Industri Kreatif Masyarakat PD. Setia Jaya adalah mengembangkan desain produk pisau dapur tradisional sesuai dengan karakteristik keinginan dan kebutuhan konsumen. Identifikasi variabel karakteristik konsumen terhadap produk pisau tersebut didapat melalui penentuan evaluasi produk berdasarkan dimensi bauran manajemen pemasaran 7P dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen pengguna pisau dari IKM tersebut. Dalam proses pengembangan produk terhadap karakteristik konsumen dibantu dengan berbagai sarana dan teknik. QFD adalah suatu sarana yang digunakan untuk menghubungkan karakteristik kebutuhan konsumen yang didefinisikan oleh konsumen ke dalam spesifikasi teknis produk. Pada matriks penggabungan karakteristik konsumen dan karakteristik desain produk dalam House of Quality menghasilkan korelasi antara kedua karakteristik tersebut sehingga menghasilkan nilai dari suatu hubungan karakteristik. Dalam pembentukan matriks hubungan ini ada tiga macam hubungan yang dapat terjadi yaitu, hubungan kuat, sedang dan lemah. Hubungan pada matriks tersebut diberi simbol-simbol yang mempunyai nilai yang berbeda yaitu hubungan kuat dengan nilai 9, hubungan sedang dengan nilai 3, hubungan lemah dengan nilai 1. Berdasarkan pada gambar House of Quality didapatkan nilai kepentingan absolut dan nilai kepentingan relatif, nilai tertinggi yang telah diklasifikasi ditentukan sebagai nilai prioritas karakteristik teknis yang diinginkan oleh konsumen. Dipilih lima karakteritik teknis tertinggi dari nilai persentase kepentingan relatif untuk menentukan prioritas desain produk yang akan dilakukan perancangan desain produk ekspektasi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiawan, Hadi197301252001121001
Thesis advisorSirajuddin, Sirajuddin197712212009121002
Additional Information: Product diversification strategies of the company in an effort to develop and improve the quality of its products as well as to increase the economic value of a product. Diversification of products made by Industri Kreatif Masyarakat PD. Setia Jaya is developing the product design of traditional kitchen knives in accordance with the characteristics of consumer wants and needs. Identification of variable characteristics of the products consumers blade is obtained through evaluation of a product based on the determination of the dimensions of the marketing mix 7P management by distributing questionnaires to consumers knife users of the IKM. In the product development process to consumer characteristics aided by various means and techniques. QFD is a tool that is used to connect consumer demand characteristics defined by the consumer to the product technical specifications. At the matrix incorporation of consumer characteristics and the characteristics of product design in the House of Quality generate a correlation between these two characteristics so as to produce the value of a relationship characteristics. In this connection matrix formation there are three kinds of relationships that can occur, namely, the relationship is strong, medium and weak. Relations in the given matrix symbols that have different values, namely a strong relationship with the value of 9, the relationship is with a value of 3, a weak relationship with the value 1 Based on House of Quality images obtained and the absolute value of the interests of the relative importance, the highest value have been classified as priority values specified technical characteristics desired by consumers. Selected five highest technical characteristic of a percentage value to determine the relative importance of product design priorities that will be designing the product expectations.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: diversifikasi produk, IKM, HoQ, desain produk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 15:03
Last Modified: 24 Aug 2022 15:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12877

Actions (login required)

View Item View Item