Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI KEGIATAN DONGENG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TKIT Irsyadul „Ibad Pandeglang)

FERIAL, SRI (2015) PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI KEGIATAN DONGENG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B TKIT Irsyadul „Ibad Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
SRI FERIAL (PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELAUI KEGIATAN DONGENG.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pada hakikatnya setiap anak yang terlahir ke dunia telah dilengkapi dengan berbagai kecerdasan, salahsatunya yaitu kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal berkaitan dengan perkembangan sosial yang memang pada hakikatnya manusia itu sendiri merupakan makhluk sosial. Perkembangan fungsi otak pada anak hendaknya diupayakan sejak usia dini yang merupakan usia keemasan (Golden age). Pada masa ini anak memiliki banyak kemudahan dalam menerima stimulasi yang akan berpengaruh pada fungsi otaknya. Salah satu yang dapat memberikan stimulasi pada fungsi otak khususnya terhadap kecerdasan interpersonal anak yaitu melalui kegiatan dongeng. Dengan menggunakan berbagai alat peraga agar anak mampu mengeksplorasi berbagai apsek perkembangan lainnya, seperti bahasa, sosial emosional, kognitif, moral agama, dan motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak kelompok B Ibnu Sina di TKIT Irsyadul ‗Ibad Pandeglang. Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang anak kelompok B yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini diperoleh setelah penulis mengadakan pengamatan dalam dua siklus untuk mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata tingkat pencapaian kecerdasan interpersonal anak kelompok B Ibnu Sina di TKIT Irsyadul ‗Ibad pada siklus I dengan pelaksanaan sebanyak 8 pertemuan mencapai 54% dan pada siklus II dengan pelaksanaan sebanyak 2 pertemuan mencapai 79%. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kegiatan mendongeng dalam kegiatan pembelajaran, kecerdasn interpersonal anak kelompok B Ibnu Sina meningkat sangat baik pada semester II, tahun ajaran 2015-2016 di TKIT Irsyadul ‗Ibad Pandeglang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorRosidah, Laily198805232006042041
Additional Information: The truth is every child who was born to this world have been compact by many kind of different intelligent, one of those is interpersonal intelligent. Interpersonal intelligent is related to social development, which the fact human is the social creature. The development of brain‘s function for the children has to give more attention from the early age, which is known as gold age. In this age, children have many easy of receiving stimulation which is will be effecting to the brain‘s function. One of way that we can do to stimulate the brain‘s function especially for children‘s interpersonal intelligence is doing some story activity, because by providing many story materials according to the context of story and using many tools to make the children explore the other ability like language, social emotion, cognitive, religion moral, and soft motoric. The aim of this research is knowing children‘s interpersonal intelligence of Ibnu Sina B group in TKIT Irsyadul ‗ibad Pandeglang. The amount of Research objects among 20 children in Group B, 9 boys and 11 girls. The research method that used in this research is class action research. The result of this research, obtain after the author doing an observation on two cycles in order to reach learning final. The average of attainment level of interpersonal intelligence from Ibnu Sina B group in TKIT Irsyadul ‗Ibad on first cycle by implementation among 8 meeting attain 54% and on second cycle by implementation among 2 meeting attain 79%. Base on the result data that have been obtain, it could conclude that by using story activity in learning activity, children interpersonal intelligence from Ibnu Sina B group improving very well on second semester, on precept year 2015-2016 in TKIT Irsyadul ‗Ibad Pandeglang
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kecerdasan Interpersonal, Dongeng
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 15:03
Last Modified: 24 Aug 2022 15:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12875

Actions (login required)

View Item View Item