Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENENTUAN KEBUTUHAN OPTIMAL DERMAGA DENGAN PENDEKATAN SIMULASI (Studi Kasus Di Pelabuhan XYZ)

Permadi, Indra (2015) PENENTUAN KEBUTUHAN OPTIMAL DERMAGA DENGAN PENDEKATAN SIMULASI (Studi Kasus Di Pelabuhan XYZ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
SKRIPSI INDRA PERMADI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pelabuhan XYZ merupakan pelabuhan terdalam di Indonesia yang berfungsi sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal untuk kegiatan ekspor dan impor barang. Dalam menjalankan kegiatan usahanya banyak permasalahan yang terjadi pada kegiatan operasional pelabuhan XYZ diantaranya waktu kapal selama berada di dalam sistem pelayanan kapal tidak sesuai dengan target perusahaan yaitu maksimal 60 jam dan waktu tunggu kapal yang lebih dari 3 jam. Waktu tunggu kapal yang lama di dermaga dan jumlah kapal yang dapat dilayani diluar target yang telah ditetapkan menuntut perusahaan untuk melakukan evaluasi terhadap kebutuhan dermaga yang optimal agar pelayanan dapat berjalan lancar dan tidak terjadi lagi waktu tunggu kapal yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu optimal kapal di dalam sistem pelayanan kapal dan kebutuhan optimal dermaga yang diperlukan sesuai dengan target perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan simulasi. Pendekatan simulasi di mulai dengan pengembangan model konseptual berupa entity flow diagram setelah data yang diperoleh dilakukan uji – uji yang diperhitungkan. Setelah itu, merancang model simulasi eksisting kemudian dilakukan verifikasi dan validasi model. Selanjutnya, membuat rancangan usulan model dan melakukan perbandingan menggunakan analisis least significant difference sehingga dapat diketahui usulan yang terbaik. Usulan yang terbaik akan dilakukan analisis kelayakannya. Hasil dari penelitian ini adalah waktu optimal kapal di dalam sistem pelayanan kapal yang sesuai dengan target perusahaan adalah sebesar 44,96 jam dan kebutuhan optimal dermaga yang diperlukan sepanjang 600 meter dengan luas 18.000 m2 . Untuk kelayakan perluasan dermaga diketahui nilai IRR sebesar 14%, nilai NPV sebesar Rp.213.440.523.015,80 dan payback periode tercapai pada 5,25 tahun serta dapat dinyatakan perluasan dermaga tersebut layak.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBahuddin, AchmadUNSPECIFIED
Thesis advisorFerro Ferdinant, PutroUNSPECIFIED
Additional Information: The Port of XYZ is one of the deepest port in Indonesia where many ships are docked. Most of the ships are docking to either load and unload of exported and imported products. In terms of operating the XYZ Port, there are some problems need to be handled such as docking time which is set up for maximumly 60 hours when the ship is served in the port or in the system and waiting-to-dock time more than 3 hours. This long waiting time and the amount of ships that have to be served is beyond than it should be. This condition requires urgent service and fulfilling many necesities or requirements especially space that should be provided optimumly by the port based on the target policy of the company that has been determined. The method of the research used was a simulation approach. This approach begins with the development of a conceptual model using entity flow chart. After collecting the data, the author performed some tests on these data using some calculations. Afterward, a simulation existing model should be done followed with verification and validation models. The next process was making some proposal draft models and then these model should be compared between one another by using least significant differences analysis to find out which one was the best. The best proposal should be tested further to know whether the proposal was feasible or not. The result of this reseach was optimal time for the ship to be in the system is 44,96 hours and the optimal space necessity that port should be provided was 600 meter in length and 18.000 in square meter. The feasibility of port expansion is known by the result of IRR that achieved 14 % with the NPV value is Rp.213.440.523.015, 80 and payback period will be accomplished in 5,25 years.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dermaga ,Waktu Pelayanan Kapal, Pelabuhan, Simulasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 15:04
Last Modified: 24 Aug 2022 14:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12873

Actions (login required)

View Item View Item