Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

REDESIGN RIGID PAVEMENT PADA RUAS JALAN LETJEN SUPRAPTO KOTA CILEGON-BANTEN

Edwin, Edwin (2014) REDESIGN RIGID PAVEMENT PADA RUAS JALAN LETJEN SUPRAPTO KOTA CILEGON-BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
REDESIGN RIGID PAVEMENT LETJEN SUPRAPTO KOTA CILEGON - BANTEN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sebuah pusat kegiatan (kawasan industri Cigading dan salah satu jalur pariwisata Anyer) mensyaratkan adanya akses yang mudah dan cepat untuk mencapai lokasi. Maka pembuatan sarana dan prasarana jalan yang menunjang untuk kelancaran mobilitas manusia dan barang menjadi hal yang wajib dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan merencanakan kembali dan membandingkan hasil tebal perkerasan kaku dengan menggunakan metode Bina Marga dan AASHTO dan juga menghitung rencana anggaran biaya (RAB) yang dibutuhkan untuk membangun jalan sesuai spesifikasi yang didapat dari hitungan. Hasil yang diperoleh dari analisis tebal perkerasan kaku ruas jalan Letjen Suprapto adalah metode AASHTO 1993 lebih tebal dibanding dengan metode Bina Marga 2003. Metode AASHTO 1993 dengan tebal perkerasan 31 cm dan metode Bina Marga 2003 dengan tebal perkerasan 26 cm. Anggaran biaya perkerasan Ruas Jalan Letjen Suprapto Kota Cilegon dengan panjang 5,7 km dengan nilai tebal perkerasan dari metode Bina Marga 2003 memerlukan biaya sebesar Rp. 56.708.919.815,00 dan nilai tebal perkerasan dari metode AASHTO 1993 memerlukan biaya sebesar Rp. 61.275.008.833,00 Perbandingan antara metode Bina Marga 2003 dan metode AASHTO 1993 menunjukkan bahwa dengan metode AASHTO 1993 memerlukan biaya lebih besar dibanding dengan metode Bina Marga 2003, dengan selisih biaya Rp. 4.566.169.018,00

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPradana, Fakhruriza198107232006041002
Thesis advisorTwidi, Rindu198212062010122001
Additional Information: A center of activity ( industrial area and one lane Cigading tourism Anyer ) requires an easy and fast access to reach the location . So making the facilities and infrastructure that support the way for smooth mobility of people and goods into things that must be done to meet those needs . This research aims to plan again and compare the results of using rigid pavement thickness of Bina Marga and the AASHTO method and also calculate the cost budget plan ( RAB ) is needed to build roads according to specifications obtained from the count . The results obtained from the analysis of rigid pavement thickness roads Lieutenant Suprapto AASHTO1993 method is thicker than the method Bina Marga 2003. AASHTO 1993 method with 31 cm thick pavement and method of Bina Marga 2003 with 26 cm thick pavement. Roads pavement budget Lt. Suprapto Cilegon City with a length of 5.7 km with pavement thickness values of Bina Marga 2003 method an estimated cost of Rp. 56.708.919.815,00 and pavement thickness values from AASHTO 1993 method an estimated cost Rp. 61.275.008.833,00 Comparison between methods of Bina Marga 2003 and AASHTO 1993 method shows that the AASHTO1993 method requires greater costs compared with the method of Bina Marga 2003, with the difference in cost Rp. 4.566.169.018,00
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perkerasan Kaku, Bina Marga 2003, ASSHTO 1993
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:58
Last Modified: 24 Aug 2022 09:47
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12837

Actions (login required)

View Item View Item